Kemahasiswaan
KKN UMP di Pemalang Penuh Nuansa Pengabdian
Kamis 10 Januari 2019      Kemahasiswaan
KKN UMP di Pemalang Penuh Nuansa Pengabdian

Bertempat di Pendopo Kecamatan Moga dillaksanakan acara Penerimaan Mahasiswa KKN secara resmi oleh Bupati Pemalang yang diwakilkan oleh Ketua Badan Perencanaan Pembangunan Daerah  (BAPPEDA)Drs Djoko Sijanto.

 Serah terima mahasiswa KKN secara resmi dipimpinoleh Wakil Rektor IIIBidang Kemahasiswaan dan Alumni Ir Aman Suyadi MP.

Turut hadir dalam acara tersebut diantaranya, Camat Kecamatan Moga, Camat Kecamatan Pulosari, Kepala Desa Kecamatan Moga, Kepala Desa Kecamatan Pulosari, Korkom Kecamatan Moga, Panitia KKN, dan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM).

Wakil Rektor IIIBidang Kemahasiswaan dan Alumni Ir Aman Suyadi MP mengatakanKKN merupakan kegiatan akademik yang nuansanya pengabdian.Mahasiswa belajar melaksanakan pemberdayaan terhadap masyarakat.

“Selama satu bulan saya yakin banyak hal yang  dibuat oleh mahasiswa untuk dapat memberdayakan masyarakat. Yang dibutuhkan oleh mahasiswa ialah bagaimana di motivasi agar bisa memberdayakan, dan juga dapat mendukung percepatan program-program yang telah disusun di lokasi KKN,” ungkapnya.

Dijelaskan, KKN diKecamatan Moga dan Kecamatan Pulosari, dilaksanakan selama 32 hari dengan jumlah  244 Mahasiswa, dengan132 Mahasiswa ditempatkan di Kecamatan Pulosari dan 113 Mahasiswa ditempatkan di Kecamatan Moga.

Sementara ituKetua BAPPEDA Drs Djoko Sijantodalam sambutannyamenyampaikan, bahwa pelaksanaan program kuliah kerja nyata merupakan salah satu wujud pengabdian kepada masyarakat atas pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi sesuai program dan tema KKN yakni pemberdayaan masyarakat.

“Saya harapkan para peserta KKN sekalian dapat memahami karakteristik masing-masing desa yang menjadi lokasi KKN,” katanya.

Menurutnya hal tersebutpenting,karena Kabupaten Pemalang merupakan salah satu kabupaten di provinsi Jawa Tengah yang memiliki kultur wilayah cukup lengkap dari pegunungan hingga pantai,sehingga karakteristik dan kearifan lokal masing-masing desanya pun berbeda.

“Perlu kiranya saya sampaikan bahwa saat ini Kabupaten Pemalang telah masuk kedalam 100 Kabupaten Kota Smart City di Indonesia. Hal ini didasarkan pada hasil penyeleksian oleh TIM kementrian komunikasi dan Informatika Republik Indonesia,” ungkapnya.

Penerimaan secara simbolis dilakukan dengan penyerahan mahasiswa dengan memakai Jas Almamater UMP.(Yas/Tgr)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

UMP Terkini