Kemahasiswaan
Mapala Satria UMP Latihan Konservasi
Rabu 9 Januari 2019      Kemahasiswaan
Mapala Satria UMP Latihan Konservasi

Mapala Satria Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) melakukan kegiatan latihan gabungan (Latgab) Konservasi Mapala Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) Rayon IV Jateng & DIY.

Latgab Konservasi Mapala PTM Rayon IV Jateng & DIY diselenggarakan di Gunung Selok, Cilacap selama dua hari. Hari pertama diawali dengan Rapat Rayon IV dan pemberian materi Anveg (Analisis Vegetasi) oleh Mapala SatriaUMP.

Rayon IV terdiri dari 12 PTM di Jateng & DIY diantaranya : Mapala UMY, Malimpa UMS, Mapala Satria UMP, Mapala UAD Yogyakarta, Mapala UMMagelang, Mapasuri UM Purworejo, Himalaya Unimus, Mapalasta AISM Semarang, Kanpas STIE Pekalongan, Mapala Satria Batik Poltek Muhammadiyah Pekalongan, Palasigo Stikes Muhammadiyah Gombong, Mapala MUCI.

Hari kedua, Minggu (6/1) melakukan Penanaman dan Analisis Vegetasi di gunung Selok, Cilacap.

“Kegiatan ini kita lakukan untuk memperingati Hari Menanam Sejuta Pohon Sedunia, serta mempererat tali silaturahmi antar anggota Mapala Rayon IV,” ungkap Kisnoyo Ketua Pelaksana.

Dijelaskan, dalamkegiatan ini,merekamenanam 200 bibit pohon, diantaranya : bibit pohon waru, bibit pohon mahoni, bibit pohon kedoya, bibit pohon akasia, dan bibit poho ketapang.

Kegiatanbekerja sama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Cilacap, Mitra Masyarakat Polhut (MMP), dan Relawan Konservasi Selok (Rekonsel).

Sementara itu, Koordinator Rayon IV dari Malimp UMSTitamengatakan, bahwasanya kegiatan ini rekomendasi dari Jambore Mapala PTM Se-Indonesia ke – di UMT.

Lebih lanjutKetua Umum Mapala Satria UMP Arfila Lestari sekaligus penanggung jawab kegiatan.

“Berharap kegiatan ini nantinya bisa menjadi rutinitas. Khususnya untuk Mapala PTM Rayon IV dan di Mapala PTM seluruh Indonesia nantinya. Mengingat peran aktif Mapala untuk menjaga kelestarian alam sesuai dengan kode etik Mapala Indonesia,” pungkasnya. (*)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

UMP Terkini