Kemahasiswaan
Citizen Journalist, Media Alternatif Penyebaran Informasi Publik
Rabu 12 September 2018      Kemahasiswaan
Citizen Journalist, Media Alternatif Penyebaran Informasi Publik

Berkembangnya ilmu pengetahuan, teknologi, informasi dan komunikasi (IPTEK) tidak dipungkiri lagi membawa dampak yang begitu luas bagi kemajuan sebuah negara diberbagai belahan dunia. Salah satu dampak positif dari berkembangnya IPTEK adalah munculnya berita dari berbagai sumber. Informasi yang disampaikan oleh beragam kalangan masyarakat disebut sebagai citizen journalism.

Istilah citizen jurnalism adalah kegiatan melaporkan dan menyajikan informasi kepada khalayak yang dilakukan oleh masyarakat karena kepedulian terhadap pentingnya informasi. Melalui Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Bhaskara Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) telah mengaadakan kegiatan workshop citizen journalism di Aula Ak. Anshori pada Senin (12/9) waktu yang lalu.

Workhsop yang bertema “A Youth Jurnalism” menghadirkan Reyska Ramadhani Produser Indonesia Bagus dan Lentera Indonesia NET TV dan Idhad Dzakaria Fotografer ANTARA News.

Acara ini dibuka oleh Yudha Febrianta, M.Or., yang mewakili Wakil Rektor 3 Bidang Kemahahsiswaan dan Alumni. Menurut Yudha workshop ini sangat bermanfaat karena digunakan sebagai ajang untuk berlatih mencari dan menulis berita yang berkualitas dan memiliki sumber yang jelas. “Harapannya setelah mengikuti kegiatan ini, peserta mampu menjadi citizen journalism yang memiliki kemampuan dalam memproduksi berita untuk khalayak,” pungkasnya.

Sementara, menurut Reyska mengatakan bahwa citizen journalism adalah warga yang merekam atau mendokumentasikan suatu peristiwa atau kejadian yang ada di lingkungan sekitar. “Dari adanya berita atau informasi yang diberikan para citizen journalist dapat dijadikan sebagai kegiatan penyebaran informasi  untuk sebuah peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitar,” ungkapnya.

Menurutnya fungsi citizen journalism adalah melengkapi liputan wartawan nasional, dan menyebarkan informasi peristiwa lokal yang tidak tercium oleh wartawan media mainstream.

“Jika citizen journalist dapat difungsikan dengan maksimal, maka media mainstream akan sangat terbantu untuk distribusi informasi lokal maupun nasional,” pungkasnya. (Adl/ Sls)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

UMP Terkini