Inspiratif
UMP Libatkan Siswa MAN di Kegiatan Internasional
Senin 13 November 2017      Inspiratif
UMP Libatkan Siswa MAN di Kegiatan Internasional

Banyaknya kegiatan internasional yang diselenggarakan oleh UMP merupakan daya tarik tersendiri untuk gencar-gencarnya mempromosikan kampus. UMP Start Here Go Anywehere adalah jargon yang baru-baru ini diusung untuk terus mengembangkan kerjasama dengan institusi asing. Program unggulan UMP yang telah dilaksanakan dua kali dalam tahun ini adalah International Project Based Learning tentang pengolahan limbah industri batik dan International Summer Course 2017 tentang kosmetik dan obat herbal.

Selama rangkaian kegiatan tersebut, UMP selalu melibatkan keikutsertaan sekolah dan siswa untuk mengoptimalkan jalannya acara. Hal ini juga dilakukan untuk ikut serta mengenalkan pendidikan yang berlangsung di Indonesia. Kali ini, UMP melibatkan siswa-siswi MAN 2 Purwokerto yang sebelumnya ikut belajar bahasa inggris bersama mahasiswa asing beberapa waktu lalu. Kemudian mereka juga ikut serta dalam penutupan International Summer Course yang diadakan di halaman kantor pusat UMP pada Sabtu (11/11) lalu.

“Ketika siswa bertemu dengan orang asing, mereka akan menyadari bahwa belajar bahasa Inggris merupakan kunci untuk menaklukan dunia” kata Eli, Guru Bahasa Inggris MAN 2 Purwokerto. Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor 4 Bidang Pengembangan Kerjasama dan AIK Dr Ns Jebul Suroso S.Kep. M.Kep, juga menegaskan “Saat ini UMP merupakan perguruan tinggi swasta terbsesar di Jawa Tengah bagian barat, dan seluruh mahasiswa UMP memiliki banyak sekali kesempatan untuk pergi keluar negeri dan bergabung dalam kegiatan semacam ini,” katanya.

Dalam penutupan, masing-masing negara menampilkan lagu dan musik khas masing-masing negara yaitu Vietnam, Cambodia, dan Malaysia. Ada juga permainan yang sekaligus menjadi ajang mahasiswa asing untuk kembali mengingat segala bahan yang menjadi ramuan jamu dan obat di Indonesia. Menutup acara tersebut, seluruh peserta dan panitia bersama-sama menikmati berbagi macam jamu seperti kunir asem dan beras kencur. (uly/sls)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

UMP Terkini