Inspiratif
Orangtua Waspada Nomophobia
Senin 13 November 2017      Inspiratif
Orangtua Waspada Nomophobia

Kemajuan teknologi telah memudahkan manusia untuk memenuhi kebutuhan informasi. Salah satu kemudahan yang ditemukan yakni dengan hadirnya gawai. Banyak gawai dengan fitur lengkap mudah ditemui. Darisitulah pada saat momentum Milad SD UMP ke 7 yang diselenggarakan pada 11 November 2017 lalu, di selenggarkan Talkshow Parenting yang mengupas tentang penggunaan gawai dengan bijak bagi orangtua untuk anak-anaknya.

Agung Sugiarto, S.Pd. penulis buku “Lu Gue Butuh Tau (LGBT) ”  menyampaikan kepada peserta bahwa penggunaan gawai banyak nilai positif dan negatif. Khususnya kepada orangtua wali murid SD UMP, Gadget(red: gawai)yang demikian kita kenal memiliki banyak dampak untuk kehidupan kita sebagai orang tua dalam mendidik anak. Dari positif maupun negatifnya. “Penyakit gadget orang tua amat banyak sekali diantaranya ada narsisme, suka pamer, kecanduan like, dan nomophobia. Poin terakhir inilah yang sangat penting,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa Nomophobia adalah adalah perasaan ketakutan (phobia) yang tiba-tiba muncul ketika anda tidak bisa mengakses kontak yang terdapat di telepon seluler. Hal yang akan ditimbulkan dari nomophobia antara lain gelisah, tidak fokus, sulit introspeksi, tidak peduli dengan lingkungan sekitar, kepo, dan sangat berpotensi membahayakan diri sendiri serta mendapatkan gangguan dari saraf dan otot jari.

“Contoh saja untuk orang tua jaman sekarang apabila mengalami nomophobia akan berdampak pada anak kita yang tidak kita awasi. Mereka akan melakukan berbagai hal dengan keinginan mereka sendiri,” tutupnya. (han/sls)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

UMP Terkini