Inspiratif
Tiga Mahasiswa UMP Ciptakan Celana Terapi Balita Berkaki X dan O
Sabtu 15 Juni 2019      Inspiratif
Tiga Mahasiswa UMP Ciptakan Celana Terapi Balita Berkaki X dan O

Tiga Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) dari fakultas kedokteran dan fakultas ilmu kesehatan berhasil membuat celana terapi yang dapat memperbaiki dan mencegah posisi kaki bayi bawah lima tahun (balita) berusia 2-3 tahun yang memiliki bentuk kaki O dan kaki X. Celana terapi ini juga dapat memberikan rasa nyaman saat mobilisasi atau beraktivitas.

Celani terapi ini diberi nama Thepagen (Therapy Pants Gen Varum dan Valgum. Ketiga mahasiswa pencipata terapi ini, Kurnia Pristiyani dari Keperawatan S1, Renaldi Mahesa Putra dari Keperawatan S1 dan Falah Dinar dari Pendidikan Dokter.

Dr Umi Solikhah, selaku dosen pembimbing Jumat (14/06/2019) menjelaskan inovasi mahasiswa pada PKM ini sangat membantu masyarakat dalam memberikan solusi bagi anak-anak dengan permasalahan bentuk kaki X atau O sehingga dapat beraktifitas lebih nyaman dan percaya diri.

"Apalagi produk ini dapat diperoleh dengan mudah dan murah. Inovasi ini memberikan pengalaman bagi mahasiswa untuk berpartisipasi dalam membangun negara sesuai bidang ilmu, menerapkan dan mengembangkan ilmu yang diperoleh dapat dirasakan langsung oleh masyarakat," ungkapnya.

Menurutnya pada penyakit tulang fase awal, penggunaan alat penyangga (brace/splint) merupakan cara yang tepat untuk memperbaiki sudut varus proksimal tibia, paling baik dilakukan pada usia di bawah 3 tahun. (tgr)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

UMP Terkini