Figur
28 TAHUN MERAJUT PRESTASI BERSAMA UMP
Kamis 14 September 2017      Figur
28 TAHUN MERAJUT PRESTASI BERSAMA UMP
28 Tahun mengabdi di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Suratno menjadi saksi sejarah kemajuan UMP.  Dari tahun ke tahun UMP berotasi untuk mempertahankan dan meningkatkan kiprah UMP sebagai lembaga pendidikan.  Rekam jejak UMP sebagai Universitas terkemuka terekam oleh salah satu staff di UMP, Suratno. Dimulai dari perubahan nama IKIP Muhammadiyah hingga menjadi UMP seperti saat ini.
 
Kiprahnya di UMP diawali sejak tahun 1989 sebagai penjaga malam. Profesi sebagai penjaga malam beliau terima atas penawaran rekannya yang kemudian beliau diperkenalkan dengan Rektor IKIP Muhammadiyah Purwokerto, Drs. H. Djarwanto Aminoto. Kemudian beliau mengikuti wawancara bersama Rektor IKIP tentang komitmennya untuk melakukan jaga malam di wilayah kampus IKIP Muhammadiyah Purwokerto. Dengan senang hati Suratno menerima tawaran tersebut. Tepat  1 Oktober 1989 beliau diangkat menjadi pegawai  tetap sebagi penjaga malam.
 
Mengabdi di UMP sebagai penjaga malam, tidak mengurungkan minat Suratno menekuni bidang administrasi yang berkaitan dengan teknologi komputer. Kemampuan dibidang teknologi komputer disela aktivitasnya memantau kondisi keamanan di lingkungan IKIP Muhammadiyah Purwokerto. Kebiasaan menggunakan komputer kantor di malam hari diketahui oleh atasannya, sejak saat itu Suratno tidak lagi menggunakan perangkat komputer tersebut. Kebiasaan menggunakan komputer di kantor  juga diketahui oleh salah satu staff IKIP Muhammadiyah Purwokerto.  Suratno pun menyampaikan alasannya yang kerapkali menggunakan komputer. Mendengar hal itu, staff tersebut menyampaikan keinginan Suratno untuk dapat memberikan sumbangsih kepada IKIP Muhammadiyah Purwokerto dalam peningkatan kemampuan adminitrasi staff yang berbasi teknologi. Beberapa lama kemudian, Suratno dipindahkan sebagai Admin di salah satu Unit.
 
Rotasi di antar Unit sebagai admin kerap kali dialaminya. Motivasi belajar yang tinggi membuat Suratno selalu menemukan pengetahuan baru. Seperti pada saat ia ditempatkan di Biro Keuangan UMP, ia terdorong untuk bisa mengoperasikan Microsoft Excel untuk menunjang produktivitas administrasi yang berkaitan dengan keuangan. Suratno, berguru kepada Nandar salah satu dosen di FPMIPA waktu itu (FKIP). Penggunaan Microsoft Excel pun, ia sosialisaikan kepada seluruh staff administrasi keuangan agar tidak menggunakan sistem manual.
 
Memiliki latar belakang pendidikan di bidang administrasi membuat Suratno menginginkan sistem administrasi berbasis teknologi. Berangkat dari pemikiran tersebut, Suratno kemudian mengusulkan untuk pengadaan internet di UMP.  Konsep perencanaan pengadaan internet disampaikan kepada Wakil Rektor 2, Drs. H Sukristanto, dan tidak lama kemudian mendapatkan persetujuan. Untuk pengadaan jaringan internet, Suratno bersama Wakil Rektor 2 dibantu oleh pihak luar penyedia koneksi internet. Dengan perlengkapan sederhana jaringan internet pun telah dikembangkan , hingga saat ini civitas academik dapat memanfaatkan fasilitas internet.
 
Kemajuan infrastruktur di UMP terus meningkat. Penyediaan sarana dan prasarana telah memfilitasi seluruh aktivitas Sumber Daya Manusia (SDM) di UMP. Gedung perkuliahan yang digunakan sangat nyaman untuk digunakan mahasiswa. Pun, dengan gedung perkantoran yang sangat mendukung Sumber Daya Manusia (SDM) di UMP semakin produktif dalam bekerja. “Kemajuan fisik yang luar biasa, ditambah dengan rencana-rencana pembangunan UMP mendatang melalui Master Plan yang telah dibuat,” kata Suratno. Senada dengan kemajuan kualitas civitas akademik di UMP melalui program pengembangan SDM. Secara periodik telah dilakukan pembinaan Al Islam dan Kemuhammadiyahan.
 
Kesempatan bergabung di UMP selama 28 tahun telah mememberikan banyak ilmu untuk Suratno. Sumbangsihnya untuk UMP tidak lekang oleh waktu. Suratno pun akan terus berkarya untuk persyarikatan Muhammadiyah. Setelah pensiun, Suratno akan mengabdikan diri sebagai Ketua Ranting di lingkungan tempat tinggalnya. “Proses di UMP telah memberikan banyak ilmu, dan ilmu itu akan saya aplikasikan dilingkungan tempat saya tinggal,” tutup Suratno. (Sulis)
Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

UMP Terkini