Fakultaria
Mahasiswa Jangan Lupakan Sejarah
Senin 16 April 2018      Fakultaria
Mahasiswa Jangan Lupakan Sejarah

Seminar Nasional Kesejarahan dengan tema “Membangkitkan Kesadaran Akan Pelestarian Warisan Sejarah Guna Membangkitkan Jati Diri Bangsa” telah diselenggarakan di Aula AK Anshori Universitas Muhammdiyah Purwokerto (UMP). Kegiatan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Sejarah (HMPS Sejarah)menghadirkantiga pembicara yaitu Prof. Dr Sugeng Priyadi, M.Hum, Prof. Dr. Tanto Sukardi, M.Hum, dan Wijanarto, M.Hum

Dalam kesempatan lain, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Drs. Pudiyono, M.Hum. bahwasejarah bukan hanya peristiwa masa lalu, melainkan proses pembelajaran dalam kehidupan manusia. Harapannya dengan mempelajari sejarah dapat menumbuhkan inspirasi untuk mengembangkan kehidupan manusia.

“Melalui sejarah mampu membangkitkan dan mengispirasi kepekaan mahasiswa sejarah pada khususnya dan masyarakat pada umumnya dengan lebih cepat dalam menggapai keberhasilan kehidupan,” tambah Pudiyono.

Dalam kegiatan ini, ketiga narasumber juga menyebutkan bahwa sejarah sebagai sebuah peristiwa yang dapat menjadi ujung tombak dalam mengembangkan krhidupan manusia. Khususnya di Indonesia,  sejarah memiliki arti penting dalam menyusun kehidupan berbangsa dan bernegara. Maka diadakanya seminar ini, disampaikan oleh Ketua Panitia Fajar Janu bahwa  sejarah adalah jatidiri bangsa yang harus tetap dipertahankan.

 “Kegiatan seminar seperti ini harus terus dilakukan dan berharap bisa ada atau dapat dilaksanakan setiap tahunnya. Sejarah bukanlah sekedar masalalu namun dangan mempelajari sejarah kita dapat mengambil ilmu untuk dapat bergerak maju,” pungkasnya. (Ar/Agp/Sls)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

UMP Terkini