Fakultaria
FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS GELAR WORKSHOP POLIMER
Kamis 8 Maret 2018      Fakultaria
FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS GELAR WORKSHOP POLIMER

Fakultas Teknik dan Sains Program Studi Teknik Kimia (08/03/2018) menggelar Workshop Measurement and Analysis of Thermal Properties of Polymers by Differential Scanning Calorimeter (DSC) bekerja sama dengan Himpunan Polimer Indonesia & PT LMS Indonesia di Ruang Sidang Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP).

Drs Joko Purwanto M.Si selaku Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum menyampaikan dukungan dengan diadakannya acara workshop dan UMP menyediakan fasilitas praktikum dengan sarana laboratorium yang dimiliki. Harapanya dengan mengikuti workshop ini, mahaiswa UMP dapat menggali kemampuannya untuk mengelola senyawa-senyawa polimer. “Diharapkan dapat menekuni bidang potensi yang dikembangkan, karena potensi yang dikembangkan sebenarnya  bisa untuk hidup layak dan coba gali kalian untuk workshop kali ini,” tegasnya.

Mengundang pemateri Sunit Hendrana, Ph.D., Himpunan Polymer Indonesia menyampaikan materi mengenai gambaran umum polymer. “Polymer adalah suatu senyawa yang tersusun dari jutaan monomer, yang mana biasanya sangat dekat dan sangat akrab dengan kita yaitu plastik, polymer adalah penting dan unik, karena manusia sangat membutuhkan polymer dan polymer hampir ada didekat kita dan kadang tidak kita sadari, plastik dan karet misalnya,” jelas Hendrana.

Selain itu beliau juga menjelaskan mengenai keunikan polymer, proses terbentuknya polymer dan klasifikasi polymer. Diakhir workshop, mahasiswa akan diajak praktik untuk mendalami polymer dengan praktek pengujian polymer yaitu sifat sifat thermal yang akan dianalisis dengan alat DSC di lab terpadu Fakultas Teknik dan Sains lantai 2. (han/sls)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait