Fakultaria
HARI PAHLAWAN, JANGAN SEKALI-KALI MELUPAKAN SEJARAH
Senin 13 November 2017      Fakultaria
HARI PAHLAWAN, JANGAN SEKALI-KALI MELUPAKAN SEJARAH

 

Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purwokerto (FKIP UMP) gelar Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Pahlawan di  Halaman Kantor Pusat UMP, Senin (13/11/2017).

Bertindak sebagai pembina upacara, Tri Y. Bintaro, M.Pd dalam amanatnya mengatakan peringatan Hari Pahlawan adalah momentum untuk mengenang kembali perjuangan yang dilakukan oleh para pahlawan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. “Perjuangan yang harus dibayar dengan tetesan darah, jiwa, dan raga sebagaimana yang diserukan Bung Tomo dalam orasinya di Surabaya dalam menghadapi agresi militer Inggris,” tegasnya.

Tri Y. Bintaro menyebutkan momentum hari Pahlawan menjadi begitu penting untuk kembali dikenang. “Jika para pahlawan berkorban jiwa, tenaga, fikiran maka tugas kita sekarang adalah bagaimana mengisi hari-hari kita dengan hal yang baik yang bernilai kontributif,” ungkapnya.

Ia menambahkan merebut kemerdekaan itu jauh lebih mudah dibanding mempertahankan kemerdekaan. Oleh karena itu ia berpesan agar generasi muda untuk jangan sekali-kali melupakan sejarah bangsa Indonesia. “Sebagaimana Bung Karno sampaikan, maka jangan sekali-kali melupakan sejarah. Jadikanlah ia sebagai pembelajaran penting dalam hidup kita,” ujarnya lagi.

Hasan Bashri, mahasiswa Pendidikan Guru Seklolah Dasar (PGSD) mengatakan upacara memperingati Hari Pahlawan itu sebagai sarana untuk refleksi diri. “Ini menjadi momentum refleksi bagi kita, terkhusus bagi generasi muda untuk selalu memaksimalkan masa muda dengan suatu hal yang berguna,” ujarnya

Upacara diikuti segenap mahasiswa Prodi PGSD UMP berjalan dengan baik dan lancar diakhiri dengan doa penutup. [asr/tgr]

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

UMP Terkini