Fakultaria
JOB SEEKING TRAINING IKA FTS
Rabu 9 September 2020      Fakultaria
JOB SEEKING TRAINING IKA FTS

Rabu, 26 Agustus 2020 pukul 08.00 – 12.00 WIB Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Fakultas Teknik dan Sains (FTS) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) gelar acara rutinan Job Seeking Training (JST) untuk mahasiswa yang akan wisuda September bertajuk “SUKSES DI DUNIA KERJA”.

Acara yang biasanya dilakukan pada saat mahasiwa melaksanakan yudisium namun pada kesempatan kali ini dan di masa pandemi seperti ini Job Seeking Training dilalukan secara daring menggunakan aplikasi zoom.

Pada acara ini peserta tidak hanya dari mahasiswa Fakultas Teknik dan Sains namun dari Fakultas lain juga menbgikuti acara ini. Sangat disayangkan pada acara ini Dekan Fakultas Teknik dan Sains tidak bisa ikut serta dalam acara JST ini. Namun beliau di wakilkan oleh Wakil Dekan II Harjono, S.T., M.Eng.

“Sebelumnya saya sangat berterimakasih kepada pembicara yang sudah berkenan hadir di acara JST ini. Silahkan ceritakan pengalaman kerja anda kepada rekan – rekan mahasiswa yang akan wisuda,” ujar Wakil Dekan II dalam membuka acara.

Job Seeking Training kali ini mendatangkan 3(tiga) pembicara atau narasumber dari Alumni Fakultas Teknik dan Sains yaitu Sukadi, S.T. Alumni Teknik Kimia tahun 1998 beliau adalah WH Head PT Indesso Aroma Purwokerto.

Materi yang di sampaikan beliau tidak terlalu panjang namun jelas dan memberi motivasi kepada peserta. “Mudah-mudahan semua rekan-rekan mahasiswa yang akan wisuda mampu bersaing didunia kerja mendatang. Bagaimana kita bersaing? Sodara harus membekali diri dengan skil-skil yang mumpuni, dan skil tersebut tidak dimiliki orang lain sehingga kita lebih unggul.” ujarnya

Kemudian narasumber yang kedua ada Fajar Yusup S.T. Alumni Teknik 2018 beliau bekerja di PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk. Divisi Luar Negeri Proyek 1250 Logements Khemis Miliana, Aljazair. Saat menjadi mahasiswa beliau sudah banyak menjuarai kompetisi yang di ikutinya, kemudia juga beliau adalah Lulusan Terbaik Fakultas Teknik dan Sains pada Yudisium tahun 2018.

Pada saat acara berlangsung pada jam 08.00 beliau berada pada jam 03.25 pagi.  Beda 8 (delapan) jam dengan Indonesia. Sempat menyinggung bahwa beliau belum tidur hanya untuk menghadiri acara JST ini. “Sebelum mendaftar kerja kita harus mengetahui potensi kita yang kita miliki. Jadi kita mampu bersaing dengan orang lain. Kemudia kalian juga harus konsisten dan berkomitmen terhadap bidang pekerjaan yang akan rekan-rekan pilih. Kamu akan mudah di ingat ketika kalian mempunyai ciri khas.” Ujarnya

Narasumber yang terahir adalah Mukhils Prasetyo Aji, S.T., M.Kom. Alumni Teknik Elektro 2011 beliau adalah Kepala Digital Forensics Center UMP dan juga sekaligus sebagai Dosen Teknik Informatika di Fakultas Teknik dan Sains Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Beliau sudah berulangkali menjadi narasumber dan workshop training diberbagai acara. Beliau juga sudah menangani berbagai macam kasus digital di Purwokerto. Dan juga Anggota Forum Teknik Elektro Se-Indonesia di DIY bertujuan untuk berbagi ilmu dari berbagai kampus.

Materi yang disampaikan beliau cukup panjang, mengingatkan kita agar lebih berhati-hati dalam menggunakan sosial media.

“Ketika kita menggunakan sosial media kita harus berhati-hati, untuk antisipasi kejadian yang tidak di inginkan, segala sesuatu yang akan kita post ke sosial media, sebelumnya harus dicek atau di koreksi apakah postingan kita merugikan atau menyinggung orang lain. Untuk mahasiswa yang akan terjun ke dunia kerja kita harus siapkan bekal, sekarang teknologi sangat modern kita bisa mencari pekerjaan secara online dan langsung mengirimkan lamarannya saat itu juga,” ujarnya di penghujung acara.

Untuk mahasiswa yang akan wisuda pada bulan September 2020, mudah-mudahan ilmu rekan-rekan bermanfaat dan mendapatkan pekerjaan sesuai dengan potensi yang anda miliki.(guns)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

UMP Terkini