Fakultaria
Farmasi UMP Go Internasional Jalin Kerjasama dengan UCSI Malaysia
Kamis 11 April 2019      Fakultaria
Farmasi UMP Go Internasional Jalin Kerjasama dengan UCSI Malaysia

Fakultas Farmasi (FF) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menjajaki kerjasama dengan UCSI University Malaysia. Terkait hal tersebut, Farmasi UMP melakukan kunjungan ke UCSI University Malaysia.

Rombongan yang dipimpin oleh Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum Drs Joko Purwanto MSi itu diterima oleh Dekan Fakultas Farmasi UCSI University Malaysia.

Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Dekan Farmasi Dr Agus Suswanto MSi, Kepala  Kaprodi Program Apoteker Dr Nunuk Nurulita MSi , Kapala Prodi S2 Farmasi Didik Setiawan PhD dan Direktur Kantor Urusan Internasional (KUI) UMP Santhy Hawanti PhD.

“Agenda UMP ke UCSI University ada dua, pertama kolaborasi untuk koferensi bersama, Maret 2020 Farmasi UMP dan UCSI Malaysia. Kedua pembicaraan tentang kerjasama antara Farmasi UMP dan Farmasi UCSI University baik kegiatan akademik dan non akademik,” tutur  Dr Agus Siswanto MSi Apt, Dekan Fakultas Farmasi UMP, Kamis (11/4)

Dijelaskan, adapun kegiatan akademik yaitu double degree untuk program S1 dan program S2, joint degree serta kegiatan internasional seperti kuliah dan praktik pelayan kesehatan disana. Selain kerjasama dalam bidang akademik, penjajakan kerjasama juga dilakukan dibidang non akademik.

“Disana dilakukan penandatangan MoU juga antara UMP dan UCSI University yang bersifat kelembagaan masing-masing kampus. Gagasan kerjasama ini sudah digagas lebih dari setengah tahun yang lalu, untuk kegiatan terdekat kita akan kirimkan mahasiswa kesana untuk kuliah,” ungkapnya.

Dalam waktu dekat Farmasi UMP akan mengirimkan mahasiswa apoteker selama satu bulan. Ia berharap dengan adanya kegiatan tersebut dapat meningkatkan kualitas akademik maupun non akademik, baik untuk fakultas maupun untuk mahasiswa.

Seentara itu, Direktur KUI UMP Santhy Hawanti PhD dalam kenetangan tertulisnya mengungkapkan, Fakultas Farmasi UMP makin mendunia. Sederet program mobilitas akademik untuk mahasiswa Farmasi baik S1, Profesi Apoteker, dan magister sudah disepakati dalam pertemuan dengan 2 perguruan tinggi di Malaysia.

“UCSI sepakat untuk menyelenggarakan program double degree dan fasttrack serta internship bagi mahasiswa farmasi UMP,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, dalam pertemuan tersebut, disepakati program akademik untuk mahasiswa Apoteker UMP leading ke master dan juga double degree untuk program S1.

“UMP selalu berkomitmen meningkatkan kualitas akademik mahasiswa dan pengalaman global mereka agar mampu berkontribusi dalam membangun masyarakat global,” pungkasnya. (cah/tgr)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

UMP Terkini