Fakultaria
Setiap Umat Harus Mempelajari Islam
Senin 11 Maret 2019      Fakultaria
Setiap Umat Harus Mempelajari Islam

Prof Dr Mujamil Qomar MAg menjadi pembicara dalam seminar nasional dan call for paper bertajuk Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Multidisipliner yang digelar oleh Fakultas Agama Islam Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) di Aula AK. Anshori Gedung Rektorat Lt 3 UMP. Dalam pemaparannya Prof Mujamil mengungkapkan bahwa setiap umat harus mempelajari Islam.

“Setiap umat harus mempelajari Islam tetapi tidak semua umat harus mendalami Islam. Karena masalah terkadang tidak bisa diselesaikan dengan satu disiplin ilmu saja,” ungkapnya.

Sementara itu, Dr Ibnu Hasan MSI pembicara lain dari UMP menjelaskan agama benar-benar menjadi  pencerah manusia dan alam semesta apabila  dipahami secara holistik. Menurutnya, untuk memahami Islam secara holistik setidaknya meliputi dua dimensi penting yakni pemahaman terhadap cara membangun sikap keberagamaan  (religiousitas) dan cara mamahami ajaran agama (pendekatan studi agama).

“Sejauh mana kedua dimensi ini dilakukan, sangat mempengaruhi tingkat pencerahan agama yang dianutnya,” ujar  Dr Ibnu Hasan yang juga Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Banyumas.

Sementara itu, Rektor UMP Dr Syamsuhadi Irsyad MH dalam sambutanya memberikan apresiasi pada prodi PAI. “Kami ucapkan kepada Progam Studi Pendidikan Agama Islam dalam upayanya yang senantiasa melakukan berbagai hal memajukan untuk memajukan progam studinya. Kami dari jajaran Universitas ucapkan terima kasih dan selamat kepada para peserta call for paper,” katanya.

Lebih lanjut Rektor mengungkapkan acara tersebut merupakanupaya prodi PAI dalam mengatasi problematika Pendidikan Agama Islam dengan cara penambahan wawasan mengenai pendidikan PAI melalui pendekatan Multidisipliner.

“Seminar Nasional dalam rangka Milad UMP ini digelar agar nantinya para pendidik Agama Islam mampu mengatasi masalah yang mereka hadapi,” ungkapnya. (min/tgr)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

UMP Terkini