Fakultaria
FEB UMP lakukan Studi Banding di Malang
Kamis 10 Januari 2019      Fakultaria
FEB UMP lakukan Studi Banding di Malang

Peluang ekonomi di bidang Pariwisata menuntut individu untuk memiliki kemampuan dalam mengelola potensi wisata di suatu wilayah. Melihat hal tersebut Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) berinisaistif mendirikan Program Studi (Prodi) Menejemen Pariwisata FEB UMP.

Upaya yang dilakukan oleh pihak FEB UMP dalam merealisasikan pendirian prodi tersebut melalui kegiatan studi banding di Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Brawijaya (UB) Malangdan Program Studi D-IV Manajemen Pariwisata Universitas Merdeka Malang.

Kegiatan yang dilakukan pada 10-11 Desember 2018 waktu yang lalu diikuti oleh Tim Pendiri Prodi Menejemen Pariwisata FEB UMP yang terdiri dari Akhmad Darmawan, SE., M.Si., Dekan FEB UMP, Totok Haryanto, SE., MM., Penanggung Jawab Kegiatan, dan enam dosen FEB UMP lainnya.

Disampaikan oleh Ahmad Darmawan bahwa kegiatan Studi Banding ke dua kampus di Malang sebagai langkah untuk memperoleh informasi dan strategi dalam mendirikan prodi Menejemen Pariwisata. Karena menurutnya bidang keperawisataan merupakan bidang yang diproyeksikan akan menjadi sumber devisa yang semakin tinggi kontribunsinya untuk Indonesia.

“FEB UMP harus memiliki strategi dan mampu membaca peluang dalam mendirikan prodi Menejemen Pariwisata, sehingga lulusan dari kita pun nantinmya merupakan alumni yang berkompeten dan unggul di bidang pengelolaan pariwisata,” pungkasnya.

Lebih lanjut Darmawan juga mengungkapkan, bahwa Tim Pendiri Prodi Menejemen Pariwisata juga akan menjalin kerjasama dengan Kementerian Pariwisatadan Instansi terkait lainnya, yang memungkinkan adanya impact positif dalam pengembangan Prodi.

Di lain pihak, Prof Dr. Bambang Supriyono, MS., Dekan FIA UB Malang mengapresiasi kunjungan yang di lakukan oleh Tim Pendiri Prodi Menejemen Pariwisata UMP. Bambang menyampaikan, bahwa FIA UB Malang mendukung FEB UMP dalam mendirikan prodi tersebut. Dukungan tersebut dapat direalisasikan melalui kerjasama untuk mengembangkan dan meningkatkan potensi yang dimiliki FEB UMP.

“Kita akan mendukung dan mengapreasiasi FEB UMP dalam meningkatkan kualitas akademik melalui pendirian prodi Menejemen Pariwisata. Melihat, potensi dan peluang pariwisata yang dinamis sesuai dengan perkembangan zaman, “ tutupnya.

Dr. Drs. Sunardi, MM Kepala Prodi D IV Menejemen Pariwisata Universitas Merdeka Malang juga mengapreasi langkah FEB UMP dalam mendirikan Prodi Menejemen Pariwisata. Menurutnya, UMP sebagai Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) dapat menjadi salah satu inisiator untuk mengembangkan bidang pariwisata.  Mengingat, keberadaan kampus yang memiliki Prodi Menejemen Pariwisata di wiliyah Jawa Tengah dapat di hitung jumlahnya.

Maka harapan Sunardi, dalam pengembangan Prodi Menejemen Pariwisata FEB UMP pihaknya akan berkontribusi melalui kerjasama antara keduanya. “Kami siap melalukan kerjasama di bidang pengembangan akademik Prodi Menejemen Pariwisata FEB UMP jika telah didirikan,” pungkasnya.(FEB UMP)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

UMP Terkini