Fakultaria
UMP Tambah Doktor Baru Bidang Teknik Sipil
Senin 3 Desember 2018      Fakultaria
UMP Tambah Doktor Baru Bidang Teknik Sipil

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menabah dosen dengan gelar doktor di bidang Teknik Sipil Fakultas Teknik Sains UMP atas nama Dr Iskahar ST MT.

Iskahar menyelesaikan studinya di Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang dengan mengambil judul disertasi Penanganan Sedimentasi Pada Delta Waduk Dg Bypass Channel.

Di UNDIP, Iskahar merupakan doktor ke-61. Dalam disertasinya, Iskahar menyoroti tentang perairan buatan yang sangat dipengaruhi oleh alam sekitarnya.

Seperti diketahui, waduk merupakan perairan buatan yang merupakan tempat bermuaranya sungai-sungai di sekitarnya, sehingga kondisi waduk sangat dipengaruhi oleh alam sekitarnya.

“Angkutan Sedimen di muara sungai pada elevasi muka air waduk tinggi dapat menyebabkan pengendapan di daerah delta atau bagian hulu waduk. Endapan ini akan mengurangi kapasitas masukan (inflow capacity) saluran yang menuju ke waduk,” papar Iskahar, Senin (3/12) di UMP.

Lebih lanjut ia mengatakan, penelitian difokuskan pada usaha untuk penanganan endapan sedimenpadadelta waduk sertaangkutan sedimen di hulu, sebelum masuk dan mengendap pada tampungan waduk dengan bypass channel.

“Tujuan dari studi ini untuk menentukan posisi dan dimensi bypass channel, yg mampu mengalihkan angkutan sedimen yg optimal, serta mensimulasikan penerapan bypass channel pada waduk P.B. Soedirman,” ungkapnya.

Dijelaskan Iskahar, metode yang digunakan dalam studi ini adalah menggunakan uji model hidraulik fisik untuk seri 0 atau kondisi sebelum adanya bypass channel dan seri 1 kondisi setelah adanya bypass channel, kemudian dilanjutkan menggunakan model hidraulik numerik dengan software HEC-RAS versi 5.0.3 untuk seri 1 dan seri 2 seri modifikasi.

“Kemudian dilanjutkan dengan mensimulasikan penerapan bypass channel pada Waduk PB. Soedirman,” ungkapnya.

Terpisah, Rektor UMP Dr Syamsuhadi Irsyad mengatakan bangga bahwa salah satu dosennya telah membuahkan hasil yang memuaskan. Ia mengungkapkan dalam waktu dekat akan muncul doktor-doktor baru baik dari dalam maupun luar negeri.

“Hadirnya para doktor baru di UMP ini diharapkan akan semakin menguatkan kami dalam mencetak generasi yang berkualitas,” tandas Rektor. (tgr)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

UMP Terkini