Fakultaria
UMP Kembali Kirim Tim Psikososial ke Palu
Kamis 29 November 2018      Fakultaria
UMP Kembali Kirim Tim Psikososial ke Palu

Bencana gempa bumi yang terjadi di Palu, Donggala dan Sigimasih belum berakhir, bukan hanya mengakibatkan banyaknya korban jiwa, dampak ekonomi juga berdampak pada psikis warga. Sebagai bentuk kepedulian, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) terus membantu meringankan beban korban, setelah sebelumnya UMP mengirimkan tim psikososialnya ke Lombok kali ini kembali dikirimkan untuk membantu penanganan paska gempa Palu, Donggala dan Sigi.

Keberangkatan tim psikososial UMP kali ini dilakukan Kamis (29/11) sore. Dalam pemberangkatan tim psikososial ini, ada sebanyak 16 orang.

Dosen Pendamping dari Psikologi UMPDr Ugung Dwi Ario Wibowo mengatakan, tim relawan psikososial ump akan diberangkatkan selama 22 hari.

“Tim relawan psikososial dari fakultas Psikologi UMP insya Allah akan ke Palu selama 22 hari dimulai dari tanggal 30 november sampai 21 Desember. Insya Allah kami akan di tempatkan di delapan titik posko pelayanan pengungsi di daerah Palu, Donggala dan Sigi,” ungkapnya.

Disana mereka akan mengungsi dan akan memberikan penanganan kepada anak-anak, lansia serta pengungsi-pengungsi yang ada di tenda, baik yang sifatnya rehabilitasi, maupun yang sifatnya edukasi.

“Total dari mahasiswa psikologi ada sekitar 14, kemudian dibantu dari program Ners Fakultas Ilmu Kesehatan UMP, ada dua mahasiswa. Jadi total ada 16 mahasiswa yang nanti akan dibagi menjadi delapan posko pelayanan,” ungkapnya.

Sementara itu Anisa Fadilah Kalami salah satu relawan Psikososial UMP mengatakan, bahwa persiapan sudah dilakukan sejak lama. “Persiapan ini sudah kita alami jauh-jauh hari, kami berpengalaman ada di Kalibening dan gempa Lombok, terus kami juga sempat mengikuti diklat juga di Malang, jadi Insya Allah persiapan dari awal sampai akhir sudah kami siapkan dengan baik,” pungkasnya.(tgr)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

UMP Terkini