Fakultaria
UMP Kembali Serahkan Mahasiswa Sorong Papua Barat
Sabtu 3 November 2018      Fakultaria
UMP Kembali Serahkan Mahasiswa Sorong Papua Barat

Setelah menjadi keluarga besar Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) dalam bentuk program pertukaran mahasiswamelalui program Sistem Pembelajaran Daring (SPADA)selama kurang lebih dua bulan, kini diserahkan kembali ke Universitas Pendidikan Muhammadiyah (Unimuda) Sorong Papua Barat di Lantai 2 Ruang Sidang Kantor Pusat UMP.

Menurut Rektor UMP Dr.H. Syamsuhadi Irsyad, S.H., M.H.,banyak tantangan yang dihadapi Unimuda, termasuk dalam proses pendirian Unimuda. Ia berharap, walaupun tujuh puluh persen mahasiswa non Islam, tetapi Perguruan Tinggi Muhammadiyah Unimuda benar-benar dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

“Saya sangat bangga pada rekan – rekan di Sorong, pastinya banyak tantangan mendirikan Universitas Muhammadiyah di Sorong, meski hampir 70 persen mahasiswanya adalah non muslimnamunMuhammadiyah tetap hadir untuk semua,” ungkapnya.

Selain itu, ia menuturkan bahwa mahasiswa UMP di Sorong mendapat pelayanan yang baik di tanah Sorong dan mahasiswa Unimuda sudah diajak membatik di Sokaraja, pengenalan kebudayaan, yang menjadi pengalaman tersendiri bagi mahasiswa Sorong.

“Semoga kemitraan dengan Unimuda Sorong selalu terbangun dalam kesempatan-kesempatan yang lain”, ungkapnya.

Sementara itu, Rektor Unimuda Sorong Dr. H. Rustamdji, MSi  mengungkapkan dengan ditempatkannya mahasiswa Unimuda di UMP merupakan satu penghargaan dan pengalaman yang berharga bagi mereka. Pertukaran antara mahasiswa Unimuda dan UMP juga merupakan salah satu pertukaran pandangan alam sekitar.

Ia menuturkan bahwa program Spada begitu terasa manfaatnya, seperti pertukaran budaya yaitu membuat batik. Sedangkan untuk mahasiswa UMP dapat merasakan mengajar di SD yang full oleh anak Papua asli, serta membuat makanan khas Papua yaitu papeda.

“Program Spada sangat strategis, yaitu menambah pengetahuan tanah Indonesia yang ada di Papua atau di Jawa,” katanya.

Menurut salah satu perwakilan dari mahasiswa Unimuda Hofia Rita Koibur, menyampaikan kesan dan pesannya selama berada di UMP.

Ia mengatakan bahwa selama berada di UMP, ia bersama teman-temannya merasa senang dan gembira, dosen-dosen UMP memberikan ilmu, pengetahuan, dan banyak perhatian.

“Perpisahan bukanlah akhir dari segalanya, semoga kita dipertemukan lagi dalam keadaan sukses,” pungkasnya. (adl/tgr)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

UMP Terkini