Fakultaria
Mahasiswa Teknik UMP Gelar Seminar Perencanaan Bangunan Tahan Gempa
Jumat 2 November 2018      Fakultaria
Mahasiswa Teknik UMP Gelar Seminar Perencanaan Bangunan Tahan Gempa

Berdasarkan pemutakhiran data peta gempa yang dirilis oleh Pusat Gempa Nasional terbaru, sejumlah wilayah di Pulau Jawa dan Sumatera, yang semula tidak terdeteksi adanya potensi gempa bumi, namun kini wilayah-wilayah tersebut mulai memiliki potensi gempa.

Salah satunya potensi gempa terlihat tidak hanya di bagian Selatan pantai Jawa, tapi juga berpotensi di bagian utara pantai Jawa.

Hal tersebut dijelaskan dalam kegiatan Senimar Nasional bertajuk Perencanaan Struktur Bangunan Tahan Gempa Pada Desain Bangunan Era Modern yang digelar oleh Fakultas Teknik dan Sains (FTS) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), di Depo Pelita Purwokerto, kamis (1/11/2018).

Seminar nasional yang diahdiri lebih dari 150 mahasiswa dari UMP, Unsoed, dan UPS Tegal ini menghadirkan dua pembicara handal dalam bidangnya, yaitu Andri Sulistyo, S. OR (Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Banjarnegara) dan Prof. Ir. H. Sarwidi, MSCF., Ph.D., IP-U. (Inovator BARRATAGA Bangunan Rumah Rakyat Tahan Gempa).

Dalam pemaparannya Andri Sulistyo menjelaskan potensi gempa memang tidak bisa dihindari, perlu ada kesiapsaigaan kesiapsiagaan bencana dari diri sndiri.

Lebih lanjut ia juga menjelaskan tata cara mengetahui akan adanya gempa dan mengetahui adanya ciri-ciri tersebut. “Cara ngetahui ciri-ciri gempa, yaitu kita melihat potensi daerah rawan bencana di daerah kita, walaupun belum ada pendeteksi alat, namun setidaknya kita tau daerah-daerah rawan gempa dari rambu-rambu yang tertera,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Himpunan Teknik dan Sains, Muhammad Iqbal S. mengatakan diadakannya seminar nasional ini adalah untuk menambah wawasan kepada peserta mengenai perencanaan rumah tahan gempa dan rumah efisien gempa khususnya dalam bentuk perumahan.

“Seminar ini sangat penting terutama materinya, karena bulan-bulan ini kita sering mendengar banyak musibah tentang gempa yang ada di Indonesia, oleh karena itu teman-teman perlu tau bahwa desain perumahan tahan gempa itu bagus untuk dibangun”  tutupnya.(mut/tgr)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

UMP Terkini