Fakultaria
Mahasiswa Papua Barat Belajar Membatik di Banyumas
Senin 15 Oktober 2018      Fakultaria
Mahasiswa Papua Barat Belajar Membatik di Banyumas

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) melaksanakan program pertukaran mahasiswa melalui Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) dengan Universitas Pendidikan Muhammadiyah (Unimuda) Sorong Papua Barat. Para mahasiswa dari timur Indonesia itu diajarkan membatik di Sanggar Batik Bawor Sokaraja Kabupaten Banyumas.

Sekretaris Panitia Kegiatan Pertukaran Mahasiswa, Badarudin, M.Pd mengatakan, program SPADA atau Sistem Pembelajaran Daring merupakan program pertukaran mahasiswa PGSD UMP dan PGSD UNIMUDA Sorong.

“Jadi melalui program ini terefleksi  dengan kegiatan membatik yang diselenggarakan di Sanggar Batik Bawor Sokaraja,” jelasnya.

Ia menjelaskan, program pertukaran mahasiswa PGSD melalui SPADA 2018 ini dibagi dalam dua kegiatan, yaitu dua bulan pembelajaran on site di perguruan tinggi mitra (19 September sampai dengan 3 November 2018).

“Mahasiswa mengikuti kuliah tatap muka dengan dosen perguruan tinggi mitra dan perkuliahan secara daring dengan dosen perguruan tinggi asal untuk mata kuliah yang tidak diambil di perguruan tinggi mitra,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Badar mengungkapkan, tujuan program SPADA yaitu untuk pengenalan pembelajaran berbasis daring pada mahasiswa, meningkatkan wawasan keilmuan dari perguruan tinggi mitra, dan meningkatkan wawasan kebangsaan dan pengenalan budaya Indonesia.

Selain pertukaran dalam bidang mata kuliah yang dilakukan alih transfer untuk nilai yang diperoleh, mahasiswa dari masing-masing perguruan tinggi juga mempelajari budaya dari asal perguruan tinggi mitra baik dalam bentuk tarian, kuliner maupun nyanyian yang berasal dari daerah tersebut.

“Tujuan kegiatan tersebut diharapkan mampu memberikan wawasan tentang keanekaragaman budaya dan makanan khas masing-masing daerah yang diperoleh secara langsung di lokasi pertukaran mahasiswa,” tutup Badar. (adl/tgr)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

UMP Terkini