Fakultaria
Fikes UMP Gelar Pelatihan BTCLS
Selasa 9 Oktober 2018      Fakultaria
Fikes UMP Gelar Pelatihan BTCLS

Sebanyak 125 mahasiswa Profesi Neres Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) mengadakan Pelatihan Basic Trauma & Cardiac Life Support (BTCLS) bagi mahasiswa yang akan melakukan stase profesi di Rumah Sakit Umum mitra UMP

Pelatihan digelar di D’Garden Resto Purwokerto 8-12 Oktober 2018.

“Pelatihan tersebut merupakan pembekalan skill kegawatdaruratan bagi 125 Mahasiswa Profesi Ners yang akan melakukan stase profesi di Rumah Sakit Umum mitra UMP,” tutur Wakil Dekan I Bidang Akademik Fikes UMP Ns., Endiyono, S.Kep., M.Kep.,

Ia mengatakan skill kegawatdaruratan merupakan keunggulan mahasiswa profesi ners UMP. Maka sebelum di terjunkan untuk mengikuti stase profesi diberikkan pelatihan BT & CLS.

“Sebelum mahasiswa melakukan praktik, kami bekali dengan pelatihan BT & CLS yang mana pelatihan ini telah berstandar internasional dalam hal perawatan kegawatdaruratan,” katanya.

Kegiatan pelatihan berupa ceramah dan praktik simulasi dengan materi terpadu tentang BTCLS dan praktek langsung.

Acara hari pertama pembukaan kegiatan pelatihan berjalan dengan baik dan lancar, kegiatan akan berlangsung selama 5 hari kedepan hingga 12 Oktober 2018 mendatang.

“Selama lima hari pelatihan mahasiswa akan diberikan 15 materi dan 6 kali materi praktik,” katanya.

Sementara rangkaian kegiatan yang harus diikuti oleh mahasiswa diantaranya Post Test, Pre Test, RGP Test, dan Insial Asessment.

“Metode ini sudah teruji, sehingga setelah mengikuti serangkaian BT & CLS kapasitas dalam kegawatdaruratan akan meningkat,” tutupnya.

Lebih lanjut Endi berharap, mahasiswa yang telah mengikuti BT & CLS akan memperoleh banyak kemampuan yang dapat diaplikasikan dalam dunia medis pada saat terjun di lapangan. (Sls/Tgr)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

UMP Terkini