Fakultaria
RAIH AKREDITASI A, FEB UMP JADI RUJUKAN UNIVERSITAS LAIN
Kamis 13 September 2018      Fakultaria
RAIH AKREDITASI A, FEB UMP JADI RUJUKAN UNIVERSITAS LAIN

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Purwokerto (FEB UMP) sudah lama meraih akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Dengan perolehan akreditaasi A ini, FEB UMP menjadi rujukan beberapa universitas untuk melakukan studi banding.

Belum lama ini, silaturahmi dan studi banding dilakukan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Assholeh Palembang di FEB UMP.

Ketua LPPM STIE Assholeh Pemalang Ali Imron, M. Si mengungkapkan latar belakang diadakannya studi banding adalah untuk membangun kerjasama di tri darma perguruan tinggi dan enterpreneurship serta pengembangan kewirausahaan dan praktikum.

“Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMP menjadi acuan pembelajaran STIE Assholeh Pemalang karena FEB UMP telah memperoleh akreditasi A serta visi STIE Assholeh Pemalang yang telah memiliki kesamaan dengan FEB UMP terutama dibidang enterpreneurship atau kewirausahaan,” katanya.

Ia mengatakan diadakannya studi banding karena STIE Assholeh Pemalang tengah merintis mata kuliah baru.

Dekan FEB UMP, Akhmad Darmawan SE, Msi. memberikan pemaparan mengenai gambaran umum mata kuliah Kewirausahaan yang resmi menjadi mata kuliah di FEB UMP sejak tahun 2010.

“Dosen Kewirausahaan FEB UMP harus menjadi dosen juga menjadi mentor. Kalau mau mentoring waktunya 24 jam karena pada waktu itu sama-sama belum paham dan FEB model mekat, sering bersitegang antara pimpinan dgn desen dan dosen dgn mahasiswa,” ujarnya.  

Mata kuliah Kewirausahaan, lanjut Darmawan, disajikan dari semester satu hingga semester 6 yang terbagi menjadi beberapa sub per semesternya. “Setiap dosen harus punya bisnis untuk bisa mempraktekan mata kuliah Kewirausahaan tidak hanya mengajar,” ujarnya.

Dia menambahkan, mata kuliah Kewirausahaan mengajarkan bahwa seorang pengusaha harus memiliki self leadership yaitu terdiri dari religiusitas, kedisiplinan dan survival di mana ketiga hal tersebut memiliki kaitan yang sangay berkesinambungan. Untuk poin survival, maka mahasiswa akan dilatih dilepas di pasar tanpa membawa uang/modal dan pada saat pulang harus membawa uang.

‘Mata kuliah ini menjadi hal yang paling disoroti di FEB UMP. Keistimewaan ini terlihat pada saat tahun ajaran baru semester 1 diadakan suatu forum di mana ada frekuensi antara orang tua, fakultas, dengan mahasiswa,” pungkasnya. (mut/tgr)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

UMP Terkini