Fakultaria
Fikes UMP: Pioner Pengembangan Pendidikan Ilmu Kesehatan
Rabu 12 September 2018      Fakultaria
Fikes UMP: Pioner Pengembangan Pendidikan Ilmu Kesehatan

Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) semakin memantapkan perannya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di bidang pelayanan medis dan kesehatan. Tahun 2018 disampaikan oleh Dekan Fikes UMP Drs. Ikhsan Mujahid, M.Si., Fikes UMP terus melakukan pengembangan dan peningkatan akademik yang ditunjukkan untuk mencetak sarjana ilmu kesehatan yang profesional.

Guna mendapatkan lulusan Sarjana Fikes yang profesional, Ikhsan mengatakan perlu adanya sinergi antara dosen dan mahasiswa dalam kegiatan Akademik. Menurutnya, dosen harus memiliki pengalaman dan latar belakang keilmuan yang dibutuhkan sehingga materi tersebut dapat tersampaikan secara efektif dan efisien.

Selain itui, dosen Fikes UMP juga telah menerapkan suasana akademik yang nyaman dan menyenangkan. Hal tersebut dilihat dari proses di kelas dan praktik di laboratorium.

Lebih lanjut lagi dia menjelaskan bahwa komunikasi merupakan kunci utama dalam menciptakan kegiatan pembelajaran yang baik, sehingga setiap keluhan mahasiswa akan langsung ditanggapi dan dilakukan tindakan sampai dengan pengambilan solusi yang terbaik bagi kemaslahatan bersama.

“Kunci utama dalam peningkatan mutu pembelajran yang baik adalah dengan komunikasi yang baik, jadi diupayakan tidak ada yang namanya dosen “killer” atau dosen mengajar dengan tidak menyenangkan. Sehingga tidak ada keluhan dari mahasiswa,” tuturnya.

Terkait dengan fasilitas yang menunjang mutu pembelajaran dan praktik di laboratorium, pihaknya fakultas memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk dapat melakukan praktik mandiri yang disesuaikan dengan jadwal praktik di laboratorium Fikes UMP.

“Fasilitas yang menunjang bagi mahasiswa Fikes saya rasa sudah sesuai standar, kita punya lab yang lengkap dan terkelola  dengan baik, dan kita juga memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk praktik mandiri yang tentunya disesuaikan dengan jadwal perkuliahan yang tujuannya agar mahasiswa bisa mendalami materi dengan lebih baik,” terangnya.

Dalam beberapa mata kuliah Fikes UMP sudah mulai melakukan kegiatan pembelajaran secara dalam jaringan (online) atau e-learning yang bertujuan untuk mengembangkan Fikes UMP di era digital saat ini.

“Saat ini Fikes juga sudah mulai merambah dunia pembelajaran dengan metode online atau e-learning namun untuk saat ini hanya diterapkan pada beberapa matakuliah saja, namun kedeepan akan diupayakan setiap matakuliah bisa dilakukan dengan e-learning, selain daripada mata kuliah yang memang harus tatap muka seperti kegiatan praktik di laboratorium,” jelasnya.

Harapanya, melalui perkembangan yang sedang dilakukan oleh Fikes UMP, kedepanya Fikes UMP dapat menjadi pioner pengembangan dunia pendidikan di bidang kesehatan. (Agp/ Sls)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait