Fakultaria
Mahasiswa UMP Ciptakan 3 Pleck
Senin 13 Agustus 2018      Fakultaria
Mahasiswa UMP Ciptakan 3 Pleck

*Formulasi untuk Perbaiki Mutu Gula Merah

Gula menjadi bahan pangan yang sangat dibutuhkan masyarakat. Meskipun harganya tidak terlalu mahal, tetapi keberadaanya selalu dibutuhkan, terutama untuk kebutuhan rumah tangga.

Pentingnya gula bagi kehidupan, membuat lima mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto yang tergabung dalam Program Kreativitas Mahasiswa Teknologi (PKM-T) berhasil menemukan ekstrak untuk menghasilkan gula merah berkualitas.

Mereka adalah Aditya Pratama Putra, Kintan Nur Romadhona, Rosiana Sofia Anggraeni, Ai Rian Juliyanti, dan Retno Fitri Widiastuti.

Program PKM-T tersebut mengangkat judul “3 Pleck: Penerapan Teknologi Inovasi Pengembalian Mutu Produk Gula Merah Sesuai Standar Nasional Indonesia untuk Meningkatkan Pendapatan Penderes di Desa Kesegeran, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas”.

3 Pleck merupakan ekstrak alami  dari kombinasi kulit manggis, tongkol jagung, dan daun jambu biji. Bahan tersebut diketahui mampu memperpanjang masa simpan karena memiliki antioksidan, tanin, dan saponin yang tinggi serta sukrosa sebagai zat pengisi pada gula Below Standard atau gula yang gagal produksi.

Ketua Pelaksana Kegiatan Aditya Pratama Putra mengatakan banyak warga yang masih belum mengetahui cara untuk mengatasi gula bellow standart (gagal cetak) dan cara membuat gula awet dengan alternatif pengawet alami.

“Berawal dari ketidaktauan penderes di Desa Kesegeran, Cilongok untuk menggunakan pengawet alami dalam produksi gula merah , menurut kita perlu hadirnya alternatif bahan pengawet alami untuk tetep menjaga kualitas gula merah,” ungkapnya.

Sementara itu, Dosen Pendamping PKM-T 3 Pleck Dr. Diniatik, S.Si., M.Sc., mengarahkan kelompok tersebut untuk menemukan alternatif penggunaan ektrak alami salah satunya dengan menggunakan kulit manggis. Ketiga bahan yang digunakan menurutnya sangat baik sebagai antioksidan dalam larutan gula merah.

Berdasarkan ekstrak yang diperoleh, uji coba dilapangan bersama penderes membuktikan bahwa 3 Pleck dapat dijadikan sebagai campuran air nira sehingga secara fisik gula merah memiliki warna dan tekstur yang lebih baik .

“Selain itu, ekstrak ini juga dapat mengubah gula merah yang Below Standard menjadi gula semut apabila gula merah yang dihasilkan tetap mengalami gagal cetak diakibatkan kadar air yang tinggi terutama saat musim hujan,” ungkapnya.

Daniatik berharap dengan ekstrak 3 Pleck dapat meningkatkan pendapatan dan memperkecil potensi bellow standart pada produksi gula merah. (sls/tgr)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

UMP Terkini