Fakultaria
HES UMP Sampaikan Pembangunan Ekonomi Nasional dengan Hukum Ekonomi Syariah
Selasa 15 Mei 2018      Fakultaria
HES UMP Sampaikan Pembangunan Ekonomi Nasional dengan Hukum Ekonomi Syariah

Mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah (HES) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) mengadakan Seminar Nasional dengan tema Peran Hukum Ekonomi Syariah Dalam Pembangunan Ekonomi NasionalKegiatan yang diikuti sebanyak131 mahasiswa, dengan pembicara Prof. Dr. Abdul Manan, Prof. Dr. Muhammad, dan Mintaraga Eman Surya, Lc,.M.A.

Bertempat di Aula Ak Anshori pada 12 Mei 2018, dalam kesempatan tersebutRektor UMPDr.H Syamsuhadi Irsyad, M.H mengatakan bahwa Hukum Ekonomi Syariah sangat diperlukan oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut, mengingat Hukum Ekonomi Syariah tepat diaplikasikan di Indonesia yang merupakan negara hukum dan mayoritas masyarakat menganut agama Islam.

“Harapannyapara pemateri bisa menyampaikan sesuatu yang perlu disampaikan kepada para peserta dan juga bisa berdiskusi agar nantinya peserta mengerti tentang Hukum Ekonomi Syariah dan bisa mengamalkannya di liingkungan masyarakat,”ungkap Rektor.

Sejalan dengan Rektor, Kaprodi Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES) Drs. Wage, M.Ag mengatakan bahwa tujuan dari diadakannya seminar nasional iniuntuk untuk menambah wawasan kepada peserta seminar yaitu mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah sendiri, selain itu untuk menyampaikan tentang hukum ekonomi yang belum diketahui oleh pembicara yang paham dan mengerti akan hal tersebut.

Dalam presentasinya Prof Abdul Hanan mengatakan beberapa faktor pendukung pembangunan ekonomi di Indonesia. Hanan banyak menyampaikan faktor pembangunan ekonomi di Indonesia diantaranya, faktor politik, faktor demografis, dan faktor hukum. “Banyak sekali lembaga insitut keuangan syariah di Indonesia sejalan dengan pesatnya jumlah umat muslim di Indonesia. Maka dari itu diperlukan perangkat hukum yang kuat (hukum ekonomi syariah)”, uangkapnya.(ar/sls).

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

UMP Terkini