Fakultaria
Ramadhan Bulan yang Penuh dengan Rahmat
Senin 14 Mei 2018      Fakultaria
Ramadhan Bulan yang Penuh dengan Rahmat

Dengan maksud untuk meningkatkan kualitas diri dalam aspek iman, akhlaq, ilmu dan amal untukmenyambut bulan yang penuh dengan rahmat, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menyelenggarakan Pengajian Akbar tersebut bertema “Keistimewaan Amalan di Bulan Ramadhan” bersama Ustadz Riza Muhammad. Pengajian lyang diselenggarakan di Auditorium Ukhuwah Islamiyah turut menghadirkan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) se Kabupaten  Banyumas.

Tio Yustitia Septi Saputra Ketua Panitia menyampaikan bahwa kedatangan Ustadz Riza Muhammad yakni dalam rangka menyambut Bulan Ramadhan guna menyegarkan suasana untuk menyiapkan diri di Bulan Ramadhan. “Pastinya dengan wajah penceramah yang kami undang dan kami bawa kesini yaitu Ustadz Riza Muhammad, harapannya materi yang disampaikan beliau akan bermanfaat dan mudah mudahan tausiah dari beliau jadi bekal untuk romadhon kali ini,” ujar Tio.

Menyambut Ramadhan yang dilakukan oleh Mahasiswa FEB UMP mendapatkan apresiasi dari Wakil Rektor II bidang Administrasi Umum Drs Joko Purwanto M.Si. Pihaknya mengataka  bahwa penting untuk dipersiapkan oleh umat Islam untuk menjalankan ibadah di bulan Ramadhan. Pasalnya amalan-amalan yang dilakukan di bulan Ramadhan akan dilipat gandakan pahalanya.  “Dalam penyempurnaan kegiatan ini kita harus niatkan untuk meningkatkan keimanan yang kita miliki sehingga sempurna” jelas Joko Purwanto.

Joko menyontohkan suatu keimanan akan terlihat ketika kita memiliki perasaan senang ketika yang lain senang dan juga sebaliknya serta senantiasa membantu dalam hal kebaikan untuk mencapai keseimbangan yang Allah harapkan.

Dilanjutkan dengan pengajian oleh     Ustadz Riza Muhammad yangmenjelaskan lebih dalam mengenai keutamaan umat Islam untuk menunaikan Ibadah Puasa. Riza menjelaskan secara detail keutamaan puasa sesuai dengan firman Allah SWT dalam Qs. Albaqarah ayat 218.

Berbagai contoh yang dijelaskan oleh Ustadz Riza sangat disukai audiens dan dengan gaya bicaranya yang komunikatif kemudian ia menjelaskan keistimewaan umat Islam yang pandai mensyukuri nikmat. Dalam ceramahnya menambahkan pentingnya bersyukur seperti firmanNya  dalam Qs. Ibrahim ayat 7. 

“Dan (ingatlah), tatkala Tuhanmu memaklumkan :"Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambahkan (nimat) kepadamu, tetapi jika  kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”,” jelasnya.(Han/Sls)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

UMP Terkini