Fakultaria
Canangkan HPV Vaksinasi untuk Generasi Indonesia Sehat
Sabtu 21 April 2018      Fakultaria
Canangkan HPV Vaksinasi untuk Generasi Indonesia Sehat

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) sebagai lembaga pendidikan tinggi tidak berhenti menunjukkan kiprahnya, khususnya di bidang akademik. Melalui kerjasama antara Fakultas Farmasi UMP dengan Fakultas Kedokteran University of Groningen, telah diselenggarakan kegiatan joint research mahasiswa kedua universitas tersebut. Penelitian tersebut mengambil topik vaksinasi HPV untuk siswa Sekolah Dasar se Kabupaten Banyumas.

Sebanyak 8 mahasiswa yang terdiri dari 4 mahasiswa Fakultas Farmasi UMPAndi Nurul Anisa, Galar Sigit Prasuma, Annisa Mufsidah, serta Ibnu An Nafsdan 4 mahasiswa Fakultas Kedokteran University of Groningen Marrit, Alie Hofman, Lisa, serta Floor Bodewes melakukan penelitian bersama terhadap topik vaksinasi HPV yang di bimbing oleh Ketua Studi Farmakoekonomi UMP Didik Setiawan, M.Sc., Ph.D., Apt.,. Disampaikan oleh Didik, bahwa delapan mahasiswa tersebut telah melakukan penelitian di bidang vaksinasi HPV. Yang mana penelitian ini mengarah pada efektivitas penggunaan vaksin HPV untuk mencegah kanker servikspada wanita.

Lebih lanjut, Didik menjelaskan bahwa anak-anak SD dengan usia 9-13 tahun sangat efektif untuk meklakukan pencegahan dini menangani kanker serviks yang padawanita diusia lanjut. Selain iu, adanya HPV vaksinasi juga akan menghambat pertumbuhan sel kanker yang diakibatkan dari hubungan seksual ketika sudah menikah. “Menurut kami pencegahan lebih dini sangat efektif dilakukan, ketimbang kita mengobatikanker yang baruterdeteksi,” ungkapnya.

Adanya pencegahan dengan melakukan HPV Vaksinasi, menurut Didik juga sangat membantu pemerintah untuk memberikan fasilitas kesehatan berupa penanganan kanker serviks di masyarakat. “Pemerintah dalam hal ini akan dimudahkan, yakni dengan adanya generasi muda yang sehat harapannya angka terkena kanker akan menurun,” tambahnya.

Berkaitan dengan HPV Vaksinasi, selama melakukan penelitian mahasiswa telah melakukan beberapa tahapan untuk mensosialiasikan efektivitas penggunaan HPV Vaksinasi terhadap kanker serviks. Diantaranya, melakukan pendekatan kepada orangtua selaku pihak yang berwenang memberikan izin HPV Vaksinasi pada anaknya, tenaga medis yang meliputi Dokter, Perawat, dan Apoteker baik di tingkat Rumah Sakit maupun Puskesmas, serta melakukan pendekatan kepada pemerintah daerah selaku pemangku kebijakan pemberian vaksin kepada anak SD.

“Banyak pihak yang berperan untuk mensosialisasikan HPV Vaksinasi, bukan hanya tenaga medis. Kita juga perlu melakukan pendekatan kepada orangtua untuk memberikan pengertian HPV Vaksinasi sehingga orangtua pun yakin ketika anaknya diberikan HPV Vaksinasi,” Jelas Didik.

Menurut Didik selama melakukan penelitian, pihak UMP telah mendukungsecara penuh dengan kegiatan ini. Baik support kegiatanlaboratorium maupun fasilitas pendukung lain untuk penelitianini. Maka, harapanya dengan adanya penelitian efektivitas penggunaan HPV Vaksinasi dapat menjadi langkah awalmencegah kanker dan mendukungprogram-program kesehatan yang dicanangkan pemerintah sehingga akan terbentuk generasi sehat untuk seluruh masyarakat Indonesia. (Sls)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

UMP Terkini