Fakultaria
Mahasiswa Keperawatan UMP Terbang Ke Filipina Mengikuti CEP
Sabtu 21 April 2018      Fakultaria
Mahasiswa Keperawatan UMP Terbang Ke Filipina Mengikuti CEP

Program Studi Keperawatan S1, Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Muhammadiyah Purwokerto(UMP)berkesempatan mengirimkan mahasiwa terbaik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran di Filipina. Bekerjasama dengan salah satu universitas terkemuka di Filipina tepatnya yaitu Angeles University Foundation (AUF), Philippines. Kegiatan Credit Earning Program (CEP) akan dilakukan selama 6 minggu yaitu dari tanggal 23 April – 4 Juni 2018.

Kaprodi Keperawatan UMP, Ns. Sri Suparti, S.Kep, M. Kep. Menjelaskan maksud dan tujuan keterlibatan mahasiswa dalam program CEP. Yang mana tujuan tersebut meliputi untuk melakukan kegiatan ambil kredit mata kuliah Keperawatan S1 FIKES UMP, student exchange, untuk memperoleh gambaran pendidikan keperawatan di Negara lain, mengimplementasikan MOA dengan AUF, menawarkan program summer PSIK FIKES UMP ke universitas di Filipina dan untuk memperoleh pengalaman belajar terkait materi kredit yang diambil dan budaya setempat.

“Berdasarkan tujuan tersebut FIKES UMP ingin menunjukan eksistensinya bahwa Program Studi Keperawatan S1 UMP mampu Go Internasional,” tutur Sri Suparti.

Menurut Dr. Ns. Umi Solikhah, S.Pd., M.Kep. (Head of Department Pediatric Nursing), yang sekaligus sebagai pendamping dan akan terlibat dalam kegiatan pengajaran CEP, kegiatan pertukaran mahasiswa tersebut diikuti oleh lima mahasiswa semester 4 yang terdiri dari Fini Alfiani Cantigi Ram, Indita Wilujeng Astiti, Shinta Antin Kumalasari, Tiffatul Jannah Firdausya, dan Wiji Pangestu dan Prodi Keperawatan S1 UMP.

Harapan Umi dalam program ini, mahasiswamampu menjalani kegiatan pembelajaran dengan baik dan  fokus sehingga nantinya dapat memperoleh ilmu yang maksimal. Sehingga dapat dibagikan pada teman-teman mahasiswanya di UMP khususnya di Prodi Keperawatan, setelah kembalinya mereka ke Indonesia. Selain itu juga mampu mempraktikkan ilmu yang mereka peroleh dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat.

Fini salah satu mahasiswi yang terpilih untuk mengikuti pendidikan di AUF Philippines menyampaikan bahwa pihaknyatelah melalui beberapa tahapan seleksi. Terdiri dari tahap pengumpulan berkas-berkas yang dibutuhkan seperti transkrirp nilai dan sertifikat toefl selain itu juga terdapat tes wawancara dengan menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, yang meliputi seleksi, potensi, komitmen, dan bahasa. tersebut.

“Dapat terlibat di program ini, saya sangat senang dan masih tidak menyangka dapat diberi kesempatan untuk belajar di luar negeri,” pungkas Fini. (Ag/Sls)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

UMP Terkini