Fakultaria
Fathering Skill Tingkatkan Kepedulian Terhadap Kesejahteraan Keluarga
Kamis 19 April 2018      Fakultaria
Fathering Skill Tingkatkan Kepedulian Terhadap Kesejahteraan Keluarga

Keluarga yang sehat dan sejahtera merupakan dambaan setiap individu. Dalam upaya menciptakan hal tersebut, melalui sekelompok mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) yang terdiri dari Adi Setiawan, Farhan, Umi, Yoen, dan Sharah mengadakan Fathering Skill pada 12 April 2018 lalu. Kegiatan yang diselenggarakan di Desa Bantarwuni diikuti oleh 30 orang dari RT 07/ RW 02.

Mengambil tema “Pengoptimalaan Peran Ayah Dalam Pengasuhan Anak”, kedatangan mahasiswa di kalangan warga merupakan hal baru. Disampaikan oleh Adi Setiawan bahwa pada kegiatan ini, mahasiswa dijadikan sebagai fasilitator. Peranan mahasiswa menjelaskan tentang macam-macam pola asuh yang disertakan dengan pola asuh sesuai praktik di kehidupan. “Kami menjelaskan macam-macam pola asuh dengan disertai contoh sesuai keseharian,” ungkapnya.

Selain itu, dijelaskan juga tentang risiko jika anak kehilangan sosok ayah serta di perkuat dengan kajian-kajian islam tentang sosok ayah didalam pengasuhan anak. Harapan sosok ayah bukan lagi menjadi sosok yang hanya bertugas mencari nafkah, melainkan dapat memberikan peran terhadap perkembangan anak melalui pengasuhan yang dilakukan oleh ayah.

Yasin Warga Ketua RT 07 mengapresiasi kehadiran mahasiswa Fakultas Psikologi UMP yang telah mengadakan pendekatan kepada warganya melalui kegiatan fathering skill. “Biasanya kalau kegiatan kaya gini adanya buat ibu-ibu saja mas,” tutur nya. Harapannya dengan kegiatan seperti ini dapat meningkatkan kepedulian Orangtua khususnya Bapak terhadap kesejahteraan anak-anak. (Adi/Sls)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

UMP Terkini