Berita
Meningkatkan Ekonomi dengan Economy Cultural Exploration
Senin 16 April 2018      Berita
Meningkatkan Ekonomi dengan Economy Cultural Exploration

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) mengadakan seminar nasional dengan tema “Implementasi Ekonomi kreatif Berbasis Kearifan Lokal dalam Menjawab Pembangunan Indonesia” di Gedung Auditorium Ukhuwah Islamiah, UMP. Kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis, 12/4/2018 merupakan acara puncak berupa festival budaya dari rangkaian kegiatan Economy Fun Fest & Edducation (EFFECT) yang telah diselenggarakan 12-13 April 2018.

Kegiatan diikuti oleh lebih dari 500 peserta dan mengundang dua narasumber yakni Ir. Eko Prijanto, M.T Kepala Bappedalitbang Kabupaten Banyumas dan Reyska Ramadhany Produser acara televisi “Indonesia Bagus” Net TV.

Akhmad Darmawan, SE., M.Si., Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMP  mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting bagi mahasiswa. Mengingat untuk meningkatkan potensi wisata yang ada di kabupaten Banyumas sebagai jalan untuk membuka lapangan usaha bagi masyarakat disekitar wisata tersebut. Akhmad juga menghimbau kepada mahasiswa supaya tidak takut untuk berwirausaha.

“Jangan terus ingin menjadi karyawan tapi mencoba untuk menjadi enterpreneur dengan memanfaatkan potensi yang tersedia,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dalam bidang entrepeneur juga disampaikan oleh  Eko selaku Narasumber. Ia menyampaikan bahwa potensi wisata juga dapat dimanfaatkan sebagai kegiatan entrepreneur.  “Pentingnya mengelola dan memaksimalkan potensi-potensi wisata yang ada di daerah yang sebetulnya jika dikelola dengan baik mampu menjadi sumber ekonomi masyarakat lokal”, tambahnya.

Menurut Eko dukungan pemerintah daerah untuk mendongkrak potensi wisata juga sangat diperlukan. Pemerintah daerah khususnya Kabupaten Banyumas perlu mendukung program-program yang bertujuan untuk meningkatkan potensi wisata yang ada di Banyumas.

Selain dukungan pemerintah daerah, adanya publikasi di media juga menambah popularitas tempat wisata tersebut. Peran media untuk mengangkat potensi wisata di daerah sangat diperlukan karena terdapat beberapa daerah yang memiliki potensi alam yang luar biasa namun belum terpublikasi secara luas. Sehingga media informasi seperti televisi sangat berpengaruh terhadap peningkatan pariwisata yang berimbas pada perekenomian masyarakat di sekitarnya namun tetap dengan menjaga dan melestarikan kearifan lokal di masyarakat. (Apb/Sls)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait