Berita
Perpustakaan UMP Asah Kemampuan Menulis Mahasiswa Melalui Workshop
Selasa 10 April 2018      Berita
Perpustakaan UMP Asah Kemampuan Menulis Mahasiswa Melalui Workshop

Menulis merupakan suatu proses penyampaian informasi (komunikasi) dengan menggunakan bahasa tulis sebagai alat atau medianya. Banyak yang mengatakan menulis merupakan hal yang sulit, dan menulis membutuhkan keterampilan khusus supaya informasi dan pesan yang ditulis tersampaikan. Dalam rangka mengkaji budaya menulis sehingga sebuah tulisan dapat lebih kreatif dan ekspresif, Universitas Muhammadiyah Purwokerto(UMP)melalui UPT Perpustakaan mengadakan workshop yang bertema “Menulis Kreatif Di Era Milenial”.

Kegiatan bertempat di Aula AK Anshori pada 9 April 2018. Turut hadir Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Dr Anjar Nugroho, MHI., M.SI., Kepala UPT Perpustakaan UMP Puwati, S.Ikom., Heru Kurniawan, S.Pd., MA., dan diikuti sebanyak 150 mahasiswa.

Anjar Nugroho menyampaikan bahwa acara seperti inilah yang bagus dan bermakna. “Diharapkan setelah ini teman teman yang hadir disini dapat menindak lanjuti sebagai penulis muda dengan tulisan khas milenial yang mengasyikkan,” ungkapnya. Lebih lanjut Anjar menyampaikan bahwa menulis adalah hal yang semua orang bisa lakukan walau hanya menulis pesan singkat.“Ketika anda punya niat kuat untuk melakukan, maka kalian mampu dan secanggih canggihnya ilmu seseorang yang ia miliki, ketika ia tidak menuangkannya maka ilmu itu tidak akan bermanfaat,” tutupnya.

Workshoptersebut dilanjutkan olehHeru Kurniawanyang mana ia adalah Dosen dan Founder Rumah Kreatif Wadas Kelir Purwokerto. Dalam kesempatan tersebut, Heru menjelaskan materi pengembangan kreativitas keilmuan  berbasis menulis pada mahasiswa. Menurutnya ,kreativitas merujuk pada seluruh kegiatan yang kreatif dalam mengaktualisasikan ide-gaagasan melalui serangkaian kegiatan dalam menghasilkan karya.

“Karya yang merepresentasikan kualitas kerja kreatif dan kualitas pemikiran yang bagus, di sinilah, kreativitas dibangun atas hasil karya yang berbasiskan pada pemikiran dan kegiatan. Mahasiswa kreatif adalah mahasiswa yang mampu mengaktualisasikan ide-gagasannya melalui serangkaian kegiatan untuk menghasilkan karya,” ungkapnya.

Pengembangan kreativitas menulis di kalangan mahasiswa menjadi hal yang harus dilakukan oleh kampus dan mahasiswa. Mahasiswa harus aktif dalam pengembangan kreativitas menulis dan kampus memfasilitasi melalui pendirian komunitas menulis yang diorganisasi dengan baik sehingga akan melahirkan mahasiswa-mahasiswa penulis yang punya prestasi. (han/sls)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

UMP Terkini