Berita
Tingkatkan Akreditasi Jurnal: LPIP UMP Gelar Evaluasi
Senin 12 Februari 2018      Berita
Tingkatkan Akreditasi Jurnal: LPIP UMP Gelar Evaluasi

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) melalui Lembaga Publikasi dan Penerbitan Ilmiah (LPIP) menyelenggarakan Evaluasi Diri Sistem Arjuna sebagai Persiapan Awal Akreditasi Jurnal Ilmiah. Bertempat di Ruang Sidang UMP kegiatan ini diikuti oleh pengelola jurnal di setiap fakultas. Kegiatan Evaluasi ini sebagai langkah UMP untuk meningkatkan kualitas jurnal yang di publikasikan dan mengetahui kekurangan jurnal yang diplubikasikan oleh UMP.

Disampaikan oleh Ketua LPIP UMP Dr. Sriyanto M.Pd., kegiatan Evaluasi ini, harapannya akan meningkatkan dan dapat mengembangkan kualitas jurnal UMP. Sehingga jurnal-jurnal UMP dapat terpublikasikan secara sempurna dan terakreditasi pada sistem Akreditasi Jurnal Nasional (ARJUNA) Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Dikti).  "Mengingat pentingnya sebuah publikasi sebagai pengembangan akademik, sudah selayaknya Jurnal-jurnal di UMP terakreditasi," ungkap Dr Sriyanto M.Pd.,

Sejalajalan dengannya, Feri Wibowo M.Cs., menyampaikan beberapa persyaratan sebuah jurnal dapat terpublikasi dan terakreditasi pada sistem Arjuna. Lebih lanjut, bahwa persyaratan pengusulan akreditasi terbitan ilmiah elektronik berkala meliputi harus memiliki ISSN versi elektonik, mencantumkan etika publikasi, jurnal bersifat ilmiah, jurnal telah diterbitkan selama 2 tahun, frekuensi terbitan sebanyak 2 kali selama setahun, jumlah artikel tiap terbitan minimal 5 artikel, dan tercantum dalam lembaga pengindeks nasional.

"Ketuju poin yang saya sebutkan, saya rasa dalam waktu sebulan dapat terpenuhi. Sehingga target tahun ini untuk akreditasi dapat terlaksana, ungkap Feri Wibowo M.Cs.,

Dalam kegiatan ini, juga ditekankan tentang unsur penilaian akreditasi. Hal ini karena pentingnya unsur-unsur penilaian yang harus diketahui pengelola jurnal di setiap Fakultas. Selain itu, Feri Wibowo M.Cs juga menyebutkan bahwa kontinuitas publikasi jurnal, gaya penulisan dan subtansi jurnal harus selalu diperhatikan. (Sls)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

UMP Terkini