Berita
MoU dengan Universitas di Mesir, UMP Siap Buka Prodi Sastra Arab
Senin 12 Februari 2018      Berita
MoU dengan Universitas di Mesir, UMP Siap Buka Prodi Sastra Arab

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) lakukan kerjasama dengan Universitas Kanal Suez Mesir atau Canal Suez University of Egypt di ruang sidang gedung rektorat UMP, Sabtu (10/2/2018).

Rektor UMP Dr. H. Syamsuhadi Irsyad MH., menjelaskan, kerjasama dengan Universitas Kanal Suez Mesir karena fakultas dan prodinya paling lengkap di wilayah Timur Tengah dan Afrika. Sehingga nantinya dosen dan mahasiswa UMP yang ingin ambil program doktor bisa melanjutkan ke perguruan tinggi negeri Mesir itu.

”Sehingga karena semua prodi dan fakultas yang ada di UMP disana juga ada, karena kami pada umumnya disini baru sampai kepada magister, saya berharap karena disana seluruh sudah sampai S3, teman-teman dari sini bisa melanjutkan belajar kesana," terangnya kepada awak media.

Hal senada juga disampaikan Wakil Rektor bidang kerjasama UMP, Dr Jebul Suroso Ns S.Kp M.Kep. Menurutnya, kerjasama dengan Universitas Kanal Suez Mesir juga untuk persiapan pendirian program studi sastra arab di UMP.

Sehingga kalau sudah terealisasi, lanjutnya, maka UMP merupakan satu-satunya perguruan tinggi Muhammdiyah (PTM) di Indonesia yang memiliki prodi sastra Arab.

”Dan ini nanti menjadi satu-satunya PTM di Indonesia yang bekerjasama dengan Mesir khususnya dengan Suez Canal untuk mengelola program sastra Arab. Ini adalah amanah dari Pak Rektor,  kita tinggal siapkan SDM-nya, nanti semua akan di support dari Mesir,” pungkas Jebul Suroso.

Terkait kapan pelaksanaan pendirian prodi sastra Arab, Jebul Suroso menambahkan, komunikasi dengan Universitas Kanal Suez Mesir terus dilakukan secara intens dengan terlebih dahulu menginventarisasi jumlah SDM.

"Setelah jumlahnya memenuhi syarat baru diajukan ke Kemenristekdikti untuk proses pendirian prodi tersebut, Insya Allah tahun ini juga," imbuhnya.(tgr)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

UMP Terkini