Berita
Tingkatkan Kualitas Akademik: LPMPAI UMP Gelar Workshop Bahan Ajar
Sabtu 10 Februari 2018      Berita
Tingkatkan Kualitas Akademik: LPMPAI UMP Gelar Workshop Bahan Ajar

Penyusunan buku ajar merupakan alternative untuk pengembangan kompetensi profesionalitas penulisan karya ilmiah yang penting karena sangat mendukung promosi kepangkatan seorang dosen, akreditasi, dan audit mutu baik internal maupun eksternal. Untuk mendukung kegiatan tersebut, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) melalui Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Aktivitas Instruksional (LPMPAI) mengadakan kegiatan Workshop Penulisan Buku Ajar yang bertempat di Ruang A.K Anshori yang dihadiri oleh seluruh dosen UMP yang menjadi pesertanya.

Sebagai ketua pelaksana kegiatanTeguh Julianto S.Pd, M.Simenyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan strategi bervariasi, seperti praktik, resitasi, diskusi kelompok yang berorientasi kepada proses dan tugas tugas serta peserta terlibat aktif dalam proses pelatihan. “Dalam kegiatan ini kami mengundang pembicara dari Centre of Teaching Staff Development (CTSD) UIN Sunan Kalijaga yaitu Prof. Dr. Bermawy Munthe, M.A  yang memang kompeten dalam hal penulisan buku ajar tersebut serta Roni Ismail, S.Th. I., M.Si., “ jelasnya.

Workshop ini bertujuan untuk mengembangkan Kompetensi professional penulisan karya ilmiah seorang dosen dalam bentuk buku ajar. “Selama sehari nanti sampai jam 4 sore kurang lebih, yang kami harapkan seluruh peserta workshop ini dapat membuat draft buku ajar, yang nantinya kami akan membuat jadwal pendampingan lebih mendalam untuk penyusunan lebih lanjut,” tambahnya.

LPMPAI memanfaatkan seluruh kemampuan dosen agar bisa menulis buku ajar yang terfokus pada masing masing materi perkuliahan yang diampu oleh dosen secara profesional dan difasilitasi dengan workshop hari ini. Aktivitas workshop pelatihan bahan ajar pada hari ini menggunakan pendekatan andragogi dengan maksud agar pola pembelajaran dikelas dapat berlangsung secara bersahabat, kolaboratif, partisipatif dan interaktif. (han/sls)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

UMP Terkini