Berita
UMP Dukung Penghafal Alquran Muda di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Purwokerto
Rabu 6 Desember 2017      Berita
UMP Dukung Penghafal Alquran Muda di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Purwokerto

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) mendukung program tafids alquran di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Purwokerto.  Sebagai Amal Usaha Muhammadiyah (AUM), Madrasah Muallimin Muhammadiyah Purwokerto dikelola secara langsung oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Banyumas. Sekolah yang meimiliki 9 kelas ini, berkomitmen untuk melaksanakan program penghafal alquran bagi siswa Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah.

Upaya yang dilakukan oleh Madrasah Muallimin Muhammadiyah Purwokerto untuk menghasilkan  penghafal alquran yaitu dengan mendapatkan dua fasilitator yang telah hafal alquran. Direktur Madrasah Muallimin Muhammadiyah Purwokerto Amrulloh Sucipto Aji S. Sos menyampaikan bahwa dengan delegasi muhafidz dari UMP ini akan melahirkan kader kader muhammadiyah yang unggul dalam agama dan IT. “UMP juga mengirimkan muhafidz yang akan mengkaderisasi penghafal dari mualllimin,” ungkapnya. 

Saat ditemui di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Purwokerto, salah satu Mohafidz Khayyan Hidayat menyampaikan bahwa  program menghafal alquran ditujukan kepada seluruh siswa Madrasah Muhammadiyah Purwokerto, khususnya bagi siswa yang tinggal di asrama. “Kita mewajibkan anak-anak yang di asrama untuk tahfid, namun kita juga berlakukan untuk seluruh siswa.  Dari 13 anak sudah berhasil 10 anak yang telah mengahafal alquran walaupun baru satu jus,” ungkap Khayyan.

Disampaikan oleh Hayyan bahwa setiap hari selepas shubuh siswa menghafal ayat alquran. Dilanjutkan dengan menyampaikan hafalan tersebut kepada Mohafidz selepas sholat ashar. Sedangkan pada waktu sholat isya siswa mereview hasil hafalan tersebut. Bagi siswa yang telah dinyatakan lulus hafalannya kemudian siswa diperkenankan untuk melakukan hafalan kembali yang disaksikan oleh seluruh siswa dan guru.

Hayyan menambahkan bahwa untuk menumbuhkan kemampuan menghafal siswa Madrasah Muallimin Muhammadiyah Purwokerto disela-sela  menyimak hafalan Muhafids selalu memberikan motivasi dan sharing pengalaman dalam menghafal alquran. Kedepananya seluruh siswa yang menghafal alquran akan diasramakan.

Dengan metode yang disampaikan oleh Hayyan kepada tim www.ump.ac.id, Atika sebagai salah satu siswa Madrasah Muallaimin Muhammadiyah Purwokerto telah mampu menghafal 5 jus. “Hafalan alquran di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Purwokerto sangat menyenangkan, dengan difasilitasi oleh Mohafidz yang selalu memotivasi kepada siswa,” tutup Atika. (sls)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

UMP Terkini