Berita
UMP Fasilitasi 60 unit Komputer di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Purwokerto
Selasa 5 Desember 2017      Berita
UMP Fasilitasi 60 unit Komputer di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Purwokerto

Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Sebagai lembaga pendidikan tinggi,  Universitas Muhammadiyah purwokerto (UMP) mengambil peran dalam ranah tersebut. Betempat di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Purwokerto pada 5 Desember 2017, UMP berikan 60 unit komputer. Pemberian komputer tesebut disampaikan oleh Wakil Rektor 2 Bidang Administrasi Umum Drs Joko Purwanto M.Si., sebagai kontribusi UMP untuk meningkatkan kualitas pendidikan berbasis teknologi.

Era modern seperti saat ini menurut Drs Joko Purwanto M.Si sudah seharusnya dalam penyelenggaran pendidikan berbasis teknologi. “Enam puluh unit komputer ini dapat digunakan untuk mengembangkan kualitas pendidikan di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Purwokerto,” ungkap Drs. Joko Purwanto M.Si.,  Keberadaan komputer tersebut untuk menjawab kebutuhan fasilitas komputer Madrasah Muallimin Muhammadiyah Purwokerto. Mengingat di madrasah tersebut memiliki keterbatasan dalam pemenuhan fasilitas komputer.

Dalam upaya peningkatan pendidikan UMP, UMP mengembangkan Madrasah Muallimin Muhammadiyah Purwokerto sebagai Laboratorium Schooll. Pengembangan laboratorium tersebut dengan mengembangkan pendidikan di madrasah dengan mengedepankan ilmu, pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang unggul dan modern tanpa meninggalkan nilai-nilai religiusitas. Sejalan dengan tujuan Madrasah Muallimin Muhammadiyah Purwokerto untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang berbasis IPTEK.

Pemberian 60 unit komputer di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Purwokerto diapresiasi oleh Direktur Madrasah Muallimin Muhammadiyah Purwokerto sebagai langkah untuk mewujudkan pendidikan berbasis IT. Harapanya, dengan difasilitasi komputer oleh UMP dapat mendukung siswa dalam pengembangan kemampuannya. Selain itu, fasilitas komputer ini juga dapat memudahkan siswa dalam melaksanakan kegiatan UNBK yang akan dilakukan oleh siswa tingkat Madrasah Aliyah.

Direktur Muallimin Muhammadiyah Purwokerto Amrulloh Sucipto Aji S. Sos mengatakan bahwa sebelumnya siswa Madrasah Aliyah wara-wiri ke Fakultas Teknik UMP untuk mengikuti latihan UNBK menggunakan komputer di fakultas tersebut. Namun, dengan adanya 60 unit komputer ini akan memudahkan siswa dalam pelaksanaan UNBK. Pihaknya juga mengatakan, bahwa Madrasah Muallaimin Muhammadiyah Purwokerto berkomitmen untuk melahirkan kader-kader Muhammadiyah yang unggul dalam agama dan IT. “Harapanya siswa dapat memanfaatkan komputer untuk kegiatan positif baik ranah agama maupun pendidikan pada umumnya,” kata Amrulloh Sucipto Aji S. Sos.

Disampaikan oleh Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Banyumas Ibnu Hasan, S.Ag., M.SI., sebagai salah satu Amal Usaha Muhammadiyah di bidang pendidikan sangat mengapresiasi hibah komputer dari UMP. Keberadaan komputer tersebut sangat mendukung Madrasah Muallimin Muhammadiyah Purwokerto sebagai sekolah Muhamamdiyah yang berkemajuan. “Kedepannya akan ada sinergi dari para AUM yang telah memiliki kemampuan untuk membantu AUM yang lainnya,” tambah Ibnu Hasan, S.Ag., M.SI., Pihaknya juga menambahkan, selain dukungan fasilitas akan ada program-program pelatihan guru dan siswa untuk meningkatkan skill. (sls)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

UMP Terkini