Berita
Berperan Nyata di Masyarakat, Bupati Pemalang Apresiasi KKN UMP
Kamis 9 September 2021      Berita
Berperan Nyata di Masyarakat, Bupati Pemalang Apresiasi KKN UMP

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Banyumas, Jawa tengah menggelar acara penarikan Mahasiswa KKN “Adaptasi Kebiasaan Baru” (AKB) Kabupaten Pemalang, Jawa tengah.

Acara yang di hadiri langsung oleh Bupati Pemalang beserta jajarannya, Wakil Rektor IV Bidang Riset, Inovasi dan Sumber Daya Manusia UMP, serta ketua LPPM UMP, Senin (6/9/2021).

Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo, S.T.,M.Si mengatakan mahasiswa KKN UMP telah mengamati dan mencermati pola realita kehidupan masyarakat yang tidak di temui di kehidupan kampus. Menurutnya, kegiatan ini adalah proses pembelajaran wawasan dari apa yang dipelajari di kampus disampaikan kepada masyarakat sehingga menjadi sebuah simbiosis mutualisme.

“Kami ucapkan terimakasih kepada Rektor, Ketua LPPM UMP dan dosen pembimbing lapangan, yang telah memperdayakan siswanya untuk melaksanakan kegiatan KKN di Kabupaten Pemalang. Semoga upaya mahasiswa KKN dapat bermanfaat bagi masyarakat untuk mendukung percepatan pembangunan SDM di Kabupaten Pemalang,”katanya.

Lebih lanjut Bupati juga menyampaikan apresiasi kepada mahasiswa KKN UMP yang telah mengabdikan diri menjadi fasilitator dan motivator bagi masyarakat dalam rangka pembangunan Kabupaten pemalang yang AMAN.

“Saya mendapat lapran KKN bahwa monitoring dan evaluasi selama KKN menunjukan hasil yang memuaskan untuk itu sekali lagi saya menyampaikan apresiasi kepada mahasiswa yang mengabdikan dirinya dalam kehidupan bermasyarakat. Peran mahasiswa sebagai motivator dan fasilitator masyarakat dalam pembangunan daerah pemalang yang AMAN,” tandasnya.

Senada dengan Bupati Pemalang, Wakil Rektor IV Bidang Riset, Inovasi dan Sumber Daya Manusia Dr. Anwar Ma’ruf, M.T. mengatakan fungsi dari KKN adalah untuk melihat potensi yang ada di daerah tempat KKN, yang kemudian bisa dikembangkan berdasarkan disiplin ilmu yang dipelajari selama di kampus untuk menjadi solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat.

“Manfaatnya untuk masyarakat tempat KKN bisa berkembang menjadi solusi atas permasalahan yang dihadapi. Sementara bagi mahasiswa merupakan tempat latihan bagaimana ketika lulus terjun kembali kepada masyarakat. Jadi ini merupakan simbiosis mutualisme,” ujarnya.

Lebih lanjut Anwar juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemkab Pemalang yang telah membimbing dan mendidik mehasiswa KKN di Pemalang.

“Kami harapan kerjasama kami antara UMP dengan Pemkab Pemalang bisa berlanjut tidak hanya di bidang KKN tapi juga tri darma perguruan tinggi dalam rangka peningkatan sumber daya manusia peningkatan potensi penelitian-penelitian yang bisa dilakukan untuk peningkatan menggali potensi yang ada di Kabupaten Pemalang,”pungkasnya. (Coc/Tgr)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

UMP Terkini