Berita
Terus Berkualitas, UMP Beri Pencerahan Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka
Senin 21 Juni 2021      Berita
Terus Berkualitas, UMP Beri Pencerahan Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka
Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Banyumas, Jawa Tengah terus berupaya untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas. Dengan menggelar sosialisasi kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Aktivitas Instruksional (LPMPAI) mendorong inovasi dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas. 
 
Acara yang bertajuk ‘Tantangan dan Peluang Bagi Generasi Milenial’ digelar secara Hybrid atau daring dan luring, Jum’at (18/06/2021) di Aula A.K Ansori, lt 3 Gegung Rektorat UMP.
 
Rektor UMP Dr Jebul Suroso mengatakan Merdeka Belajar -Kampus Merdeka akan menjadi bagian kebijakan yang terintegrasi prosesnya dengan seluruh komponen yang ada di Universitas.
 
“Indikator  kinerja utama pendidikan ada indikator kinerja, dari 8 hal saya rangkum menjadi 3 teks. Pertama upaya pemerintah menuntut perjuangkan pesan yang berkualitas. Kedua semangat pemerintah dan dituntut untuk bisa meningkatkan kualitas. Ketiga kurikulum yang berkualitas agar bisa menciptakan lulusan yang memiliki keunggulan,” katanya.  
 
Wakil Rektor Bidan Akademik dan Kerjasama Ir Aman Suyadi MP mengatakan tenaga SDM Tim MBKM berhasil menyusun pedoman pelaksanaan MBKM sebagai langkah awal perubahan atau peninjauan kurikulum program studi.
 
 “UMP akan siapkan konsep untuk melengkapi diri  kerjasama dengan perguruan tinggi di pemerintah dengan lembaga swasta untuk sebagai Mitra efektif bagi para mahasiswa ketika meregang sudah memiliki kurikulum dan pembelajaran Capaian Pembelajaran Mata Kuliah sehingga nanti lulus memiliki profil lulusan yang sudah didesain sedemikian rupa oleh program studi,” ujarnya.
 
Sementara itu, Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan, Ahmad Darmawan MSi juga menyampaikan bahwa konsep Belajar Kampus Merdeka adalah sebuah cara untuk peningkatan SDM di sebuah institusi.
 
“Tujuan sebuah institusi perguruan tinggi adalah untuk meningkatkan SDM yang unggul ada perubahan di tingkat apa transformasinya, caranya bagaimana, untuk sampai ke SDM itu lewat konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka,” pungkasnya. (nov/tgr)
Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

UMP Terkini