Berita
Tetap Semangat, Lakukan Ini Kalau Kita Gagal Lolos SBMPTN
Senin 21 Juni 2021      Berita
Tetap Semangat, Lakukan Ini Kalau Kita Gagal Lolos SBMPTN
Proses Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2021 belum lama ini telah diumumkan.
 
Ada kabar baik sekaligus menyedihkan bagi kita yang lolos maupun gagal melalui tahap ini.
 
Meskipun kita enggak lolos, tetap semangat dan jangan menyerah, ya.
 
Nah, jika kita belum mendapatkan hasil yang diharapkan, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan.
 
Terus Semangat
Terus semangat, meskipun tidak bisa dipungkiri, rasa kecewa dan sedih itu ada, dan begitu dirasakan jika belum lolos SBMPTN. 
 
Mungkin kita bisa langsung mulai mencari kampus swasta terbaik dan memilih jurusan yang kita inginkan setelah ini. 
 
Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) berhasil menempati ranking 39 sebagai Top Islamic University in the world dan ranking 59 Universitas terbaik se-Indonesia versi Unirank serta menjadi 50 perguruan tinggi swasta terbaik menurut rilis Wobmetrics.  
 
Lihat Reputasi Kelembagaan
UMP memiliki 6 kelas Internasional, dengan kerjasama universitas Benua Asia dan Eropa dan program studi unggul.  Dalam rangka mewujudkan cita-cita menjadi World Class University, UMP terus menargetkan adanya peningkatan peringkat Perguruan Tinggi secara signifikan. 
 
UMP telah memiliki 294 mahasiswa Internasional dari Thailan, South Korea, Turkey, Afganistan, China, Pakistan, Taiwan, Switzerland, Hungary, Sudan, France, dan Italy. 
 
Mahasiswa Internasional lainnya ada dari Morroco, Netherland, Slovenia, Bangladesh, Malaysia, Vietnam, Cambodia, Czech Republic, Germany, dan Philippines. 
 
Pilih Alternatif Kampus yang Banyak Jurusannya
UMP memiliki lebih dari 49 program studi, 11 fakultas dan Program Pascasarjana. Selain itu, UMP juga memiliki lima program profesi dan penyelenggara Pendidikan Profesi Guru (PPG).
 
Program studi yang tersebar di berbagai fakultas diantaranya, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) di antaranya Pendidikan Geografi (S1), Pendidikan Sejarah (S1), PPKN (S1), Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1), Pendidikan Bahasa Inggris (S1), Pendidikan Matematika (S1), Pendidikan Biologi (S1), PGSD (S1), serta PGPAUD (S1).
 
Untuk program studi di Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) dan Kedokteran, yakni Keperawatan (D3), Keperawatan (S1), Kebidanan (D3, Kebindanan (S1), Teknologi Laboratorium Medik (D4), Teknik Rekayasa Elektro-Medis (D4), Teknologi Radiologi Pencitraan (D4), Manajemen Informasi Kesehatan (D4), Keperawatan Anestesiologi (D4), dan Pendidikan Dokter.
 
Fakultas Agama Islam memiliki dua program studi, yakni Pendidikan Agama Islam dan Hukum Ekonomi Syariah. Fakultas Ekonomi dan Bisnis ada tiga program studi yaitu, Manajemen S1, Akuntansi S1, dan Akuntansi D3.
 
Fakultas Pertanian dan Perikanan ada tiga program studi, yakni Agribisnis (S1), Agroteknologi (S1), dan Akuakultur, sedangkan di Fakultas Teknik dan Sains ada Teknik Sipil (S1), Teknik Kimia (S1), Teknik Elektro (S1), Teknik Informatika (S1), dan Teknik Mesin (S1).
 
Yang lainnya ada Fakultas Psikologi, Fakultas Farmasi, Fakultas Sastra, dan Fakultas Hukum. 
 
Selain program studi D3 dan S1, UMP telah memiliki Program Pascasarjana (S2) di antaranya Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Magister Manajemen, Pendidikan IPS, Pendidikan Dasar, Farmasi, dan Pendidikan Agama Islam.
 
Kalau Program Profesi, UMP memiliki profesi Apoteker, Profesi Ners, Profesi Dokter, Profesi Kebidanan, dan Profesi Pendidikan Guru.
 
Fasilitas Lengkap
UMP sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas, antara lain lokal perkuliahan seluruhnya ber-AC dan ber-LCD, bahkan Internet Broadband yang dimiliki UMP mencapai 16 kali standar akreditasi.
 
Belum cukup sampai di situ, di UMP juga tersedia Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia, Perpustakaan (e-library) yang sudah terakreditasi A, kualifikasi Dosen S-2 dan S-3, sistem akademik berbasis daring (online), sertifikasi lulusan, serta laboratorium komputer, audit, dan bahasa.
 
Banyak Pilihan Fasilitas Pendidikan
Untuk menunjang proses perkuliahan dan peningkatan kualitas pendidikan UMP memiliki sejumlah fasilitas seperti alumni mengajar ke luar negeri, pertukaran mahasiswa ke luar negeri, beasiswa belajar Bahasa Arab selama dua Tahun, progam kuliah kerja nyata ke luar negeri, hingga beasiswa Erasmus.
 
Bagi mahasiswa yang punya bakat, sudah ada Unit Kegiatan Mahasiswaan (UKM) atau ekstrakulikuler seperti Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Satria, Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Al-Kahfi, Taekwondo, Teater Perisai, Radio Gradiosta, Koperasi Mahasiswa Lebah, Olahraga, Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Bhaskara, Galeri Seni dan Budaya (GASEBU), Pramuka, Karate BKC, Gema Surya Suara (GSS) Choir, serta Pusat Informasi dan Konseling Mahasiswa (Pik-Ma) Youth Center.
 
Bagi yang berminat dan berniat kuliah di UMP bisa datang langsung ke Kampus I, JL KH Ahmad Dahlan, Kembaran, Banyumas, atau mengunjungi web www.pmb.ump.ac.id atau bahkan melalui whatsapp center ke 0811291126. 
(tgr)
Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

UMP Terkini