Berita
UMP Terima Pendaftaran Jalur Nilai UTBK, Ini Pilihan Prodinya
Senin 21 Juni 2021      Berita
UMP Terima Pendaftaran Jalur Nilai UTBK, Ini Pilihan Prodinya
Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Banyumas Jawa Tengah masih membuka kesempatan untuk penerimaan mahasiswa baru dengan jalur Nilai UTBK. Jalur nilai UTBK adalah jalur seleksi mandiri yang digelar tiap tahun dengan cukup melampirkan sertifikat hasil UTBK. Jalur tersebut dibuka pada Juni – Agustus 2021. 
 
“UMP masih membuka kesempatan bagi calon mahasiswa dengan menyelenggarakan jalur nilai UTBK untuk menerima mahasiswa dengan 48 program sarjana dan diploma pada tahun 2021,” ujar Dr Yudha Febrianta Kepala Biro Publikasi dan Admisi (BPA) UMP, Selasa (15/6/2021). 
 
Saat ini, UMP memiliki lebih dari 45 program studi dan 12 fakultas. Selain itu, UMP juga memiliki lima program profesi dan penyelenggara Pendidikan Profesi Guru (PPG).
 
Program studi yang tersebar di berbagai fakultas diantaranya, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) di antaranya Pendidikan Geografi (S1), Pendidikan Sejarah (S1), PPKN (S1), Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1), Pendidikan Bahasa Inggris (S1), Pendidikan Matematika (S1), Pendidikan Biologi (S1), PGSD (S1), serta PGPAUD (S1). 
 
 
Untuk program studi di Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) dan Kedokteran, yakni Keperawatan (D3), Keperawatan (S1), Kebidanan (D3, Kebindanan (S1), Teknologi Laboratorium Medik (D4), Teknik Rekayasa Elektro-Medis (D4), Teknologi Radiologi Pencitraan (D4), Manajemen Informasi Kesehatan (D4), Keperawatan Anestesiologi (D4), dan Pendidikan Dokter.
 
"Fakultas Agama Islam memiliki dua program studi, yakni Pendidikan Agama Islam dan Hukum Ekonomi Syariah. Fakultas Ekonomi dan Bisnis ada tiga program studi yaitu, Manajemen S1, Akuntansi S1, dan Akuntansi D3," katanya. 
 
Selanjutnya, kata dia, di Fakultas Pertanian dan Perikanan ada tiga program studi, yakni Agribisnis (S1), Agroteknologi (S1), dan Akuakultur, sedangkan di Fakultas Teknik dan Sains ada Teknik Sipil (S1), Teknik Kimia (S1), Teknik Elektro (S1), Teknik Informatika (S1), dan Teknik Mesin (S1).
 
"Yang lainnya ada Fakultas Psikologi, Fakultas Farmasi, Fakultas Sastra, dan Fakultas Hukum," tambahnya. 
 
Selain program studi D3 dan S1, kata dia, UMP telah memiliki Program Pascasarjana (S2) di antaranya Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Magister Manajemen, Pendidikan IPS, Pendidikan Dasar, Farmasi, dan Pendidikan Agama Islam.
 
“Kalau Program Profesi, UMP memiliki profesi Apoteker, Profesi Ners, Profesi Dokter, Profesi Kebidanan, dan Profesi Pendidikan Guru," jelasnya. 
 
Dr Yudha mengatakan saat ini UMP sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas, antara lain lokal perkuliahan seluruhnya ber-AC dan ber-LCD, bahkan Internet Broadband yang dimiliki UMP mencapai 16 kali standar akreditasi. 
 
Bagi mahasiswa yang punya bakat, sudah ada Unit Kegiatan Mahasiswaan (UKM) atau ekstrakulikuler seperti Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Satria, Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Al-Kahfi, Taekwondo, Teater Perisai, Radio Gradiosta, Koperasi Mahasiswa Lebah, Olahraga, Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Bhaskara, Galeri Seni dan Budaya (GASEBU), Pramuka, Karate BKC, Gema Surya Suara (GSS) Choir, serta Pusat Informasi dan Konseling Mahasiswa (Pik-Ma) Youth Center.
 
Guna menunjang proses perkuliahan dan peningkatan kualitas pendidikan UMP memiliki sejumlah fasilitas seperti alumni mengajar ke luar negeri, pertukaran mahasiswa ke luar negeri, beasiswa belajar Bahasa Arab selama dua Tahun, progam kuliah kerja nyata ke luar negeri, hingga beasiswa Erasmus.
 
Belum cukup sampai di situ, di UMP juga tersedia Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia, Perpustakaan (e-library) yang sudah terakreditasi A, kualifikasi Dosen S-2 dan S-3, sistem akademik berbasis daring (online), sertifikasi lulusan, serta laboratorium komputer, audit, dan bahasa.
 
Bagi yang berminat dan berniat kuliah di UMP bisa datang langsung ke Kampus I, JL KH Ahmad Dahlan, Kembaran, Banyumas, atau mengunjungi web www.pmb.ump.ac.id atau bahkan melalui whatsapp center ke 0811291126. (tgr)
Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

UMP Terkini