Berita
Membanggakan, Dosen UMP Wakili Indonesia dalam Kompetisi Startup Terbesar Dunia
Rabu 2 Juni 2021      Berita
Membanggakan, Dosen UMP Wakili Indonesia dalam Kompetisi Startup Terbesar Dunia

Prestasi membanggakan kembali diukir oleh Dosen Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Banyumas, Jawa Tengah. Dosen Fakultas Farmasi UMP Dr Susanti bersama rekan-rekannya di PathGen terpilih untuk mewakili Indonesia dalam forum dan kompetisistartup inovasi sosial terbesar di dunia, Extreme Tech Challenge (XTC).

Indonesia patut berbangga karena PathGen, startup yang dipelopori oleh anak negeri menjadi salah satu dari 3 startup teratas yang akan mewakili Indonesia dalam ajang bergengsi tersebut.

“Saya senang sekali karena PathGen Diagnostik Teknologi atau PathGen itu startup yang kami rintis pada awal 2020 atas dukungan pendanaan awal dari Islamic Development Bank,” katanya saat dihubungi dari Puwokerto.

Susanti yang sedang menyelesaikan pendidikan doctoral (S3) di University of Nottingham, Inggris, itu mengatakan PathGen sebenarnya merupakan pemikiran bersama dari beberapa peneliti yang tergabung dalam konsorsium riset NICCRAT (Nottingham-Indonesia Collaboration for Clinical Research and Training).

Dalam hal ini, PathGen didukung oleh para ilmuwan terkemuka dari Inggris, Australia, dan Indonesia termasuk Dr Ahmad Utomo (Universitas yarsi), Dr Wien Kusharyoto dan Asep M Ridwanuloh (LIPI), Prof Aru W Sudoyo (Yayasan Kanker indonesia), Dr Ines Atmosukarto (Australia National Unicersity), Prof Muhammad Ilyas (Unicersity of Nottingham), dan Prof Ian Tomlinson (Cancer Research UK Edinburgh Centere).

Bahkan, Susanti menggabungkan keahlian ilmiahnya dengan pengalaman pribadinya sebagai penyintas kanker untuk mendirikan PathGen Diagnostik Teknologi Tersebut.

“Nah, di usia ParhGen yang masih sangat muda dan berhasil terpilih mewakili Indonesia di ajang kompetisi starup bidang inovasi social yang berbesar, ya kami sangat bangga,” kata Chief Excecutive Officer (CEO)/ Founder ParhGen Diagnostik Teknologi itu menegaskan.

Ia mengatakan ajang XTC akan digelar secara daring pada tanggal 22 Juli 2021 di California, Amerika Serikat, diikuti 59 starup dari berbagai negara yang telah menjalani serangkaian tahapan seleksi.

Selain PathGen, dua starup lainnya yang akan mewakili Indonesia di ajang XTC adalah Magalarva (starup yang fokus pada bisnis pengolahan sampah organic) dan Zi. Care (starup layanan kesehatan digital). (tgr)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait