Berita
Terus Dipantau, UMP Targetkan Peningkatan Peringkat Akreditasi
Kamis 6 Mei 2021      Berita
Terus Dipantau, UMP Targetkan Peningkatan Peringkat Akreditasi

Lembaga Penjaminan Mutu dan Peningkatan Aktivitas Instruksional (LPMPAI) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Banyumas, Jawa Tengah melaksanakan acara Sosialisasi terkait Instrumen Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi (IPEPA) Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dihadiri oleh seluruh Kepala Program Studi, Dekan,Wakil Dekan Dan Bidang Akademik pada jum’at, 30 April 2021 bertempat di Ruang Sidang Rektorat lt 2.

Dalam sambutannya, Rektor UMP Dr. Jebul Suroso, S.Kp., Ns., M.Kep., didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik Ir Aman Suyadi M.P menyampaikan laporan maksud diadakan agenda ini sesuai dengan rapat yang telah disampaikan.

“Untuk mendapatkan informasi yang seluas-luasnya terkait dengan khususnya pemantauan akreditasi perguruan tinggi maupun program studi. Kami mendapatkan informasi berdasarkan dari WR 1 kita sedang proses untuk SK Program Studi. Program Studi yang sudah masuk ada 11 dan masih tersisa di LPMPAI masih menungu proses evaluasi aliansi dan ada juga yang sedang melakukan revisi di tingkat program studi. Ini semangat kami mudah-mudahan bisa mencapai target 21,” jelasnya.

Ketua LPMPAI Bapak Watemin S.P.,M.P saat ditemui di sela-sela acara menyampaikan tujuan dari kegiatan pemantauan pelaksanaan evaluasi peringkat akreditasi.

“Tujuannya dalam acara ini adalah untuk akreditasi, terutama untuk pemantauan peringkat akreditasi. Jadi akreditasi untuk yang di (BAN-BT) Universitas ada yang disebut perpanjangan otomatis ketika masa berlakunya sudah habis, tetapi tidak langsung secara otomatis seperti itu, harus tetap ada prasyaratnya,” katanya

Ia juga mengharapkan setelah berlangsungnya acara ini untuk seluruh ketua program studi supaya tetap menyiapkan instrument, pemantauan pelaksanaan evaluasi peringkat akreditasi.

“Harapannya ya setelah di lakukan dalam acara ini adalah ketika masa akreditasi suatu program studi sudah akan berakhir, kemudian dipantau dan dievaluasi oleh (BAN-PT) itu langsung dipersipkan untuk perpanjangan selanjutnya. Supaya keluar otomatis tidak ada masalah,” lanjutnya.

Dalam pelaksanaan sosialisasi (IPEPA) ini dilakukan dalam beberapa sesi, diantaranya sesi mendengarkan penjelasan dari Prof.Dr. Ir.SM Widyastuti,M.Sc (Dewan Eksekutif Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) yang kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari para perwakilan program studi maupun fakultas yang menghadiri acara sosialisasi (IPEPA) kali ini. (nov)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait