Berita
Trobosan di Tengah Pandemi, Kuliah di UMP Serasa Siaran Live di TV
Rabu 5 Mei 2021      Berita
Trobosan di Tengah Pandemi, Kuliah di UMP Serasa Siaran Live di TV

Seperti siaran langsung program-program televisi, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) membuat terobosan baru dalam perkuliahan di masa pandemi Covid-19.

Kampus ini mengombinasikan pola pembelajaran tatap muka langsung di ruang kelas, dengan sistim online yang dapat diakses di manapun oleh para mahasiswanya.

Selain di ruang kelas dengan kehadiran sejumlah mahasiswa, kuliah yang disampaikan dosen juga disiarkan secara langsung melalui aplikasi zoom.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kerjasama UMP yang juga dosen Fakultas Pertanian, Ir Aman Suyudi MP mengatakan, penggabungan sistim perkuliahan online dan offline itu disebut kuliah hybrid dan sudah berlangsung selama dua pekan. 

"Mahasiswa yang hadir langsung wajib mengikuti protokol kesehatan. Peserta dalam ruangan kami batasi 1/3 dari kapasitas, mahasiswa lainnya bisa mengikuti perkuliahan dari sekitar kampus maupun tempat tinggalnya," ujar Aman, Rabu (5/5/2021).

Aman menjelaskan, metode perkuliahan ini menggunakan perangkat cukup canggih. Ada beberapa kamera, monitor, serta tata pencahayaan yang telah disetting oleh tim IT UMP untuk memudahkan interaksi dosen dan mahasiswa, baik yang berada di dalam kelas maupun yang online.

Anisa Nurbaeti, peserta kuliah secara tatap muka langsung mengungkapkan, ia merasakan adanya perbedaan antara kuliah secara online dengan offline. Sebab, selama ini dirinya hanya dapat mengikuti kuliah secara online.

"Kalau online seperti interaksinya kurang. Karena kadang ada perbedaan maksud apa yang ditanyakan. Kalau sekarang offline saya rasakan lebih enak aja. Lebih interaktif sama dosennya, dan lebih paham materinya," ungkap Anisa. (tgr)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait