Berita
UMP Rambah Bisnis Pertashop, Dorong Pertumbuhan Ekonomi Desa
Senin 22 Februari 2021      Berita
UMP Rambah Bisnis Pertashop, Dorong Pertumbuhan Ekonomi Desa

Berlokasi di Desa Kalibagor, Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas usaha pertama pertashop dibuka, Selasa (16/2). Rektor UMP, Dr Jebul Suroso menyatakan, usaha tersebut pertama adalah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat desa dan kedua baru merupakan aspek bisnis.

“Kita berharap banyak kemanfaatan yang bisa dipetik oleh masyarakat sekitar dan syiar kita juga semakin kuat,” katanya.

Dipilihnya lokasi di Desa Kalibagor, karena desa tersebut letaknya cukup strategis, dilalui jalur alternatif yang cukup ramai. Sehingga ke depan diharapkan pertumbuhan ekonomi masyarakat desa semakin maju. Lokasi tersebut juga merupakan salah satu lokasi yang ditentukan pihak Pertamina untuk pengembangan pertashop.

Rektor UMP mengungkapkan, pihaknya siap untuk berkolaborasi dengan Pertamina dalam mengembangkan unit pertashop. Sehingga tidak hanya pada satu titik tersebut pertashop UMP hadir di tengah masyarakat.

Sementara itu, Bupati Banyumas, Achmad Husein yang juga hadir dalam grand opening pertashop di Kalibagor mengatakan, pertashop yang dilengkapi dengan tempat cuci motor, cafe serta musala, akan banyak menyerap tenaga kerja. Sehingga manfaat keberadaan pertashop akan benar-benar dirasakan masyarakat.

“Saya sangat mendukung program pertashop di desa-desa. Kalau perlu semua desa dibuatkan pertashop, untuk mendekatkan pelayanan BBM kepada masyarakat,” katanya.

Sales Branch Manager Pertamina Rayon IV Cilacap, Andeka Sangtraga Hutapriya mengatakan, untuk tahun ini, pihaknya mentargetkan setiap bulan adanya penambahan minimal 6 pertashop di wilayah kerjanya yang meliputi Banyumas-Cilacap. Namun, sebelumnya harus dilakukan survei lokasi dan perkembangan bisnis ke depannya, supaya pertashop tidak terbengkelai dan bisa berjalan sebagaiana yang diharapkan.

“Saat ini pertashop masuk dalam program kemitraan. Jadi ada mekanisme internal antara mitra dengan pihak desa. Harapannya bisnis berjalan lancar dan masyarakat sekitar juga mendapatkan kemanfaatan,” tuturnya.

Untuk wilayah Banyumas sediri sudah ada 9 pertashop yang sudah beroperasi. Sejauh ini perkembangannya cukup bagus.(*)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

UMP Terkini