Berita
Warung Makan Gratis dari Gerakan Gotong Royong Kemanusiaan UMP
Senin 8 Februari 2021      Berita
Warung Makan Gratis dari Gerakan Gotong Royong Kemanusiaan UMP

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Banyumas, Jawa Tengah, mendeklarasikan Gerakan Gotong Royong Kemanusiaan dalam rangka membantu warga terdampak Covid-19.

Khususnya yang berkaitan dengan pelaksanaan Gerakan Jateng di Rumah Saja pada tanggal 6-7 Februari 2021.

Gerakan Gotong Royong Kemanusiaan tersebut ditandai dengan pembukaan warung makan gratis di Pusat Studi Dakwah Komunitas (PSDK) UMP, Kelurahan Karangklesem, Kecamatan Purwokerto Selatan, Banyumas, Jumat (5/2/2021).

Warung makan gratis tersebut ditujukan untuk 350 warga Kampung Sri Rahayu, Karangklesem, yang selama ini menjadi binaan PSDK UMP.

Rektor Dr Jebul Suroso mengatakan warung makan gratis itu merupakan bagian dari Gerakan Gotong Royong Kemanusiaan untuk mengetuk hati seluruh masyarakat Indonesia yang diawali dari UMP.

"UMP memfasilitasi teman-teman, saudara kita yang pada saat ini khususnya terkendala kebutuhan dasar makanan untuk menghadapi COVID-19. Apalagi Jawa Tengah dengan gerakan 6-7 Februari kita tinggal di rumah (Gerakan Jateng di Rumah Saja) tentu membawa dampak pada kondisi kebutuhan yang terpenuhi," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, UMP bersama para donatur hadir melalui warung makan gratis untuk memenuhi kebutuhan makan warga yang terdampak Gerakan Jateng di Rumah Saja.

"Jadi selama ini dikelola selama dua hari tetapi tidak menutup kemungkinan nanti akan berlanjut," katanya.

Ia mengharapkan Gerakan Gotong Royong Kemanusiaan tersebut tidak hanya di Banyumas, juga daerah-daerah lain dalam rangka memenuhi kebutuhan konsumsi bagi warga terdampak Covid-19.

Bupati Banyumas Achmad Husein memberikan apresiasi atas berbagai upaya yang dilakukan oleh UMP di Kampung Sri Rahayu termasuk di dalamnya pencanangan Gerakan Gotong Royong Kemanusiaan.

"Saya support, saya dukung. Harus ada karya nyata untuk Kampung Sri Rahayu. Nanti kami support dengan APBD kita," katanya seusai memberi sambutan pada acara pencanangan Gerakan Gotong Royong Kemanusiaan itu. (tgr)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

UMP Terkini