Berita
UMP Semprot Masjid Ahmad Dahlan Sebelum Jumatan
Jumat 20 Maret 2020      Berita
UMP Semprot Masjid Ahmad Dahlan Sebelum Jumatan

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Banyumas, Jawa Tengah turun ke masjid Ahmad Dahlan sebelum digelar shalat Jumat, pada Jumat (20/3). Mereka menyemprotkan disinfektan dalam ruangan masjid untuk mencegah adanya beragam virus termasuk virus corona (covid-19).

UMP berkolaborasi dengan Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) UMP, Banyumas, dan Jawa Tengah.

“Tadi kita mendiskusikan bahwa UMP telah melakukan berbagai upaya untuk bersikap dengan penuh kehati-hatian. Seperti misalnya kita melakukan skrining. Nanti ada petugas keamanan, ada Remaja Masjid Ahmad Dahlan yang akan meilihat Ja’ah yang akan melaksanakan solat Jum’at. Bagi yang ada kejala, kami rekomendasikan untuk melakukan solat dzuhur dirumah,” kata Didik Setiawan PhD Divisi Survailance Satgas Penanggulangan Covid 19 UMP, Jum’at (20/3).

Menurut dia, setelah melakukan penyemprotan di masjid kampus tersebut, tim juga akan melakukan membagikan hand sanitizer kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Kita sedang menyiapkan untuk membantu masyarakat sekitar yang tengah kesulitan untuk mendapatkan hand sanitizer. Insya Allah minimal kita akan bagikan sedikitnya 1500 unit yang telah kita siapkan untuk kita nanti bagikan kepada masyarakat Banyumas secara umum,” katanya.

Dijelaskan, Satgas Penanggulangan Covid 19 UMP dibentuk langsung oleh Rektor untuk menghimpun informasi yang beredar di seluruh dunia sehingga nanti tidak ada informasi yang yang simpang siur. Kemudian tim satgas akan mengolah semua informasi untuk bias kita manfaatkan sebagai bahan pertimangan dalam mengambil keputusan.

“Ada beberapa langkah yang telah dilakukan, seperti diantaranya melakukan pembersihan disekitar kampus. Kita membersihkan menggunakan disinfectant diseluruh universitas baik fakultas maupun Gedung terkait, dan masjid. Kemudian menyediakan hand sanitizer untuk bisa dimanfaatkan di kampus,” jelasnya.

Rektor UMP Dr Anjar Nugroho, mengatakan langkah pembentukan satgas Kesiapsiagaan dalam pencegahan wabah COVID-19 di UMP tersebut diambil setelah mencermati situasi terkini penyebaran Covid-19 di Indonesia.

“Kami mengambil inisiatif untuk bergerak cepat, satgas tersebut akan bertanggungjawab terhadap antisipasi penyebaran Covid-19 di lingkungan kampus UMP dan masyarakat sekitar,” pungkasnya. (tgr)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait