Berita
LPPI UMP Terbitkan Buku Ajar
Rabu 10 Juli 2019      Berita
LPPI UMP Terbitkan Buku Ajar

Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menggelar Pertemuan dan Konsolidasi Dosen dan Instruktur Al Islam Kemuhammadiyahan, dalam rangka menyusun dan menerbitkan Buku Ajar Islam dan Ilmu Pengetahuan, Rabu (26/6) lalu di Ruang Sidang 1, Lantai 3 Gedung J UMP.

Acara ini dihadiri oleh Koordinator Bidang Pengajaran AIK dan Sekolah Kader, Dr. Ns. Umi  Solikhah, S.Kep., S.Pd., M.Kep., dan Para Dosen serta Instruktur AIK.

Umi Solikhah mengatakan, pemantapan Tim Penyusun Buku Ajar tersebut untuk digunakan sebagai pedoman oleh Mahasiswa yang menempuh mata Kuliah Studi Islam 3 yaitu Islam dan ilmu Pengetahuan.

“Bulan Desember 2018 lalu, telah diselenggarakan Workshop penyusunan Rancangan Pembelajaran Semester (RPS) Islam dan Ilmu Pengetahuan, dan dari acara tersebut ada beberapa peserta yang hadir (red. Dosen AIK), yang bersedia untuk menyusun buku ajar Islam dan Ilmu Pengetahuan,” ungkapnya.

Menurutnya, penyusunan buku ajar merupakan amanah Rapat Kerja (Raker) bidang satu, terkait integrasi dakwah dengan keilmuan setiap bidang, yang terintegrasi dengan mata kuliah Studi Islam ( AIK).

“Dalam raker sebelumnya sudah terbit 3 buku. Berharap penyusunan buku ajar ini, menjadi akad amanat raker untuk para penulis. Buku ajar studi Islam 1, 2, dan 3 sudah siap cetak, namun yang 1 dan 2 masih proses revisi,” jelasnya.

Umi menambahkan penyusunan buku ajar untuk masing-masing bidang keilmuan, dan bertahap dalam penyusunan dan penerbiatannya.

“Bisa dikatakan pertahun kita bisa menerbitkan 3 buku ajar. Dan hari ini ditetapkan 3 awal prioritas untuk tahun ajar 2019-2020 agar segera terbit,” ungkapnya.

Umi menjelaskan, sudah ada 3 tim yang bersedia menandatangani kesepakatan untuk menulis buku ajar, terutama yang hadir pada acara tersebut. Nantinya mereka bakan bekerja sama dengan para instruktur LPPI.

“Jadi ada integrasi ilmu dengan keislaman, artinya argumen keilmuan dari masing-masing prodi bisa diperkuat dengan dalil-dalil yang ada dan relevan dengan bidang keilmuannya. Untuk tahun ini diprioritaskan untuk Prodi Sejarah, PKn, Fikes, dan Sastra Inggris,” pungkasnya.(LPPI)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

UMP Terkini