Berita
Biologi UMP Kaji Insektisida Pada Nyamuk Demam Berdarah
Jumat 14 Juni 2019      Berita
Biologi UMP Kaji Insektisida Pada Nyamuk Demam Berdarah

Program Studi (Prodi) Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) mengadakan seminar hasil penelitian disertasi dengan tema “Knockdown Resistance in The Dengue Vector Aedes Aegepty from Yogyakarta” yang disampaikan oleh Juli Rochmawati W MSi pada Rabu (12/6) di ruang gedung F.1.04.

Seminar menghadirkan pembicara sesuai bidangnya yakni, dari CIRAD, Perancis yaitu Prof. Alain Rival PhD dengan materi yang bertajuk“A Role for International Cooperation in Research and Development”

“Materi yang disampaikan pada hari ini merupakan hasil penelitian S3 saya yang sedang saya tempuh di Universitas Melbourne, Australia. Penelitian saya mengenai insektisida pada nyamuk demam berdarah Aedes aegypti, karena kita tahu selama ini kita memberantas Aedes aegypti dengan insektisida,” kata Juli Rochmawati W MSidalam pemaparannya.

Menurutnya, pemerintah menggerakan program 3M untuk memberantas nyamuk, namun pada saat dengue sedang memuncak harus segara dibasmi dengan menggunakan insektisida. “Inovasi ini kita padukan dengan cara inovai tradisonal yaitu dengan manajemen lingkungan dengan pemberantasan sarang nyamuk dan penggunaan insektisida yang terkendali,” ungkapnya.  

Sementara itu, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Drs H Pudiyono MHum mengucapkan terimakasih kepada Ibu Juli Rochmawati W MSi yang telah menjelaskan hasil penelitiannya sehingga dapat menginspirasi semua.

Lebih lanjut iajugamengucapkan selamat datang kepada Prof Alain Rival, dalam kesempatan yang besar dapat bertemu dan mengikuti seminar dengan topik yang sangat luar biasa ini dengan harapan  dapat membantu dalam membangun penelitian yang baik.

“I think this is something means to be very helpful for purpose to understand that a role for international cooperation in research and development is weight helpful in building the good research.”ungkapnya. (ges/yas)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

UMP Terkini