Berita
LSP UMP Terus Tingkatkan Kualifikasi Mahasiswa
Selasa 21 Mei 2019      Berita
LSP UMP Terus Tingkatkan Kualifikasi Mahasiswa

Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menggelar Workshop Sertifikasi bertajuk‘Pentingnya Sertifikasi Bagi Mahasiswa UMP dan Rencana Penyusunan Skema Baru’di Ruang Sidang Kantor Pusatlt.2UMP, Sabtu (18/5)kemarin.

Direktur LSM UMP Ir. Teguh Marhendi, ST, MT. mengungkapkankegiatan dilaksanakan dalam rangka peningkatan kualifikasi mahasiswa UMP.

“Semua perwakilan prodi kami undang agar dapat membuat skema baru untuk sertifikasi profesi dimasing-masing prodi, walaupun kita tidak bisa pungkiri ada beberapa prodi yang belum bisa melaksanakan sertifikasi profesi karena kendala regulasi dalam dunia kerja dibidang tersebut,” ungkapnya.

Ia berhap dengan adanya agenda tersebutdapat memepercepat pembuatan skema baru untuk mayoritas prodi di UMP agar kualifikasi mahasiswa meningkat.

Menrutunya, tantangan Era Industry 4.0 setiap orang harus memiliki kulifikasi yang jelas untuk personal branding. Sehingga penting adanya masing-masing prodi dapat memberikan sertifikasi profesi bagi mahasiswa agar siap terjun dalam dunia kerja di Era Revolusi Industri 4.0.

Komisioner Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP)Banardo Aldo Tobing mengungkapkan, strategi industry 4.0, semua orang akan dituntut kualifikasi kemampuannya dalam bidang tertentu, hal ini berfungsi sebagai personal branding yang dibuktikan dengan sertifikasi profesi.

“Lapangan kerja masa depan yang mungkin akan berkembang pesat antara lain industry kreatif, Teknologi Informasi, Pendidikan dan Pengajaran, serta dunia konstruksi yang akan terus berkembang seiring menyempitnya lahan dan membanjirnya penduduk akan melahirkan revolusi konstruksi untuk memenuhi kebutuhan zaman,” ungkapnya.

Dijelaskan, untuk mengadapi Era Revolusi Industri 4.0,BNSP menyiapkan lapangan kerja baru sesuai kebutuhan zaman, dengan standar kompetensi yang jelas. “BNSP juga akan menggunakan Big Data untuk sertifikasi online dengan hal tersebut diharapkan proses lisensi lebih cepat,” pungkasnya.(ges/tgr)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

UMP Terkini