Berita
Biro SDM UMP rancang Log Book
Rabu 15 Mei 2019      Berita
Biro SDM UMP rancang Log Book

Biro Sumber Daya Manusia (BSDM) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) gelar sosialisasi rancangan dan penggunaan log book pada sabtu (11/5) di ruang sidang kantor pusat UMP.

Kepala Biro SDM Johan menjelaskan Penilaian karyawan, selama ini diukur kinerjanya dari ketentuan jam berangkat dan jam pulang. Ada salah satu karyawan yang selama 3 bulan jam hadirnya selalu terlambat, ini yang dapat menjadi salah satu penghambat proses menuju akreditasi institusi A.

“Tidak hanya dari ketepatan waktu berangkat dan pulang saja tetapi kinerja karyawan juga dilihat dari apa yang mereka lakukan pada jam kerja, apakah sudah sesuai dengan job desk masing-masing. Ini yang kedepannya akan diukur dan dievaluasi, selama ini kami hanya melihat belum mencatat dan mengevaluasi,” ungkapnya.

Membuat jurnal harian, didalam jurnal harian nanti semua pegawai mengisi kegiatan selama satu hari, apa yang dilakukan selama satu hari kerja dicatat. Tujuannya agar kita mengetahui apa yang dikerjakan  oleh pegawai kita selama ini dalam hariannya dan untuk mengukur beban kerja.

Setelah satu minggu diisi kemudian meminta tanda tangan dari atasan, baru setelah itu dikirimkan ke UMP. Ini sebagai dasar nanti untuk mengevaluasi tugas kerja dan kesesuaian antara job desk dan pekerjaan yang dilakukan. Jika dalam satu minggu belum dikumpulkan maka akan mendapat konsekuensi.

Sementara ini masih dilakukan secara manual tetapi pihak kampus sedang membuat sistem agar jurnal harian nantinya tidak diisi secara manual namun secara online dan dapat diakses via android. Gambarannya karyawan mengisi secara online kemudian dikirimkan untuk divalidasi oleh kepala kantor.

Ketua Team Pengembangan SDM Agus Mulyadi, M.P menuturkan tujuan akhir dari pembuatan jurnal harian (log book) ini adalah bagaimana kita Pengembangan SDM mempunyai arah yang jelas. Selain itu juga untuk melihat beban kerja masing-masing karyawan.

“Karena ada beberapa keluhan karyawan mengenai beban pekerjaan yang terlalu banyak, dengan log book ini kita dapat melihat siapa saja yang mempunyai beban kerja berlebih atau bahkan kekurangan beban kerja. Kita juga dapat melihat apakah karyawan sudah bekerja sesuai keahliannya atau belum,” pungkasnya.(cah)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

UMP Terkini