Berita
Wujudkan Kader Berkemajuan Melalui Baitul Arqam
Selasa 22 Januari 2019      Berita
Wujudkan Kader Berkemajuan Melalui Baitul Arqam

Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Islam (LPPI) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) telah menggelar kegiatan pembinaan Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) melalui Baitul Arqam bagi mahasiswa asal Thailand dan Turki bagi penerima beasiswa unggulan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan beasiswa Muhammadiyah di Ruang Sidang Lt 2 gedung rektorat UMP.

Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama dan AIKDr Jebul Suroso dalam sambutannya mengatakan, di dalam sebuah gerakan biasanya ada identitas, dimana itu dianggap perlu untuk membangun semangat dan persatuan oleh hal tersebut.

“Salah satu hasil akhir dari Baitul Arqam ini merupakan kegiatan yang baik untuk menyiapkan kader ummat, ini merupakan salah satu hal yang LPPI lakukan agar mahasiswa bisa sukses menjalani proses perkuliahan dan setelah lulus dari perkuliahan,” ungkapnya. 

Dijelaskan Dr Jebul Suroso, dalam Darul Arqam mahasiswa akan di beri motivasi untuk memiliki watak yang baik, memperkuat akidah yang baik, berilmu dan berwawasan luas.

Sementara itu, Sekretaris LPPI Istianah M Hum menyampaikan kegiatan baitul arqam ini merupakan langkah awal yang  dianggap sebagai kader muhammadiyah level mahasiswa.

“Ini merupakan perkaderan resmi untuk menjadi anggota Muhammadiyah. Baitul Arqam itu sendiri nama yang diambil dari inspirasi Rumah sahabat Al Arqam bin Abdul Arqam dimana dulu pada saat Rosul pertama mendakwahkan Islam dengan cara sembunyi sembunyi basecamp nya dirumahnya Arqam bin Abdul Arqam. Jadi tujuannya untuk perkaderan,” ungkapnya.

Dijelaskan, materi yang disampaikan seputar ideologi Muhammadiyah, Matan keyakinan dan cita-cita Muhammadiyah, dan bagaimana memahami agama islam menurut Muhammadiyah, dan bagaimana tata cara beribadah menurut Himpunan Keputusan Tarjih Muhammadiyah.

“Harapannya setelah mengikuti Darul Aqram ini akan semakin mengenalkan Muhammadiyah khususnya kepada mahasiswa asing dari Thailand dan Turki agar mereka mengenal Muhammadiyah, mereka bisa menjadi agent nya Muhammadiyah secara umum dan agent nya UMP secara khusus di negara asal mereka,” pungkasnya. (yas/tgr)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

UMP Terkini